7 Manfaat Daun Pegagan untuk Kulit Wajah dan Kesehatan Lainnya

7 Manfaat Daun Pegagan untuk Kulit Wajah dan Kesehatan Lainnya

7 Manfaat Daun Pegagan untuk Kulit Wajah dan Kesehatan Lainnya. (Img: restigeonline.com)

Ada begitu banyak manfaat daun pegagan bagi kesehatan, beberapa di antaranya yang paling populer adalah menyehatkan kulit wajah, mengatasi beragam masalah kulit seperti keloid, luka, hingga hipertensi, depresi, gangguan emosional, hingga membuat awet muda.

Tanaman dengan nama latin Centella Asiatica ini banyak ditemukan di wilayah tropis dan subtropis seperti Afrika Selatan, India, Pakistan, Tiongkok, Malaysia, dan juga Indonesia.

Centela Asiatica mempunyai beragam nama, setiap negara atau wilayah menyebut tanaman ini dengan nama:

Sementara secara umum di Indonesia tanaman ini disebut pegagan. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat di semak-semak, sawah, rawa-rawa, pinggir pantai atau di tempat yang dekat dengan air.

Centela Asiatica mempunyai 20 spesies dengan ciri utama berdaun kecil bulat dan pinggirnya bergelombang menyerupai payung serta ada pula spesies dengan bentuk daun menyerupai kaki kuda.

Centela Asiatica dapat berbunga dengan warna ungu muda bercampur kemerah-merahan muda dan ada juga yang berwarna putih serta mempunyai buah berukuran kecil berbentuk oval.

Baca juga: Manfaat Daun Mangkokan untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

7 Manfaat Daun Pegagan (Centella Asiatica) untuk Kesehatan

7 Manfaat Daun Pegagan (Centella Asiatica) untuk Kesehatan. (Img: Wikipedia)

Telah banyak penelitian yang dilakukan terhadap tanaman ini untuk tujuan pengobatan, bahkan dilaporkan kandungan tanaman ini berdampak positif untuk mengobati penyakit kusta.

Lebih lanjut, berikut 5 manfaat daun pegagan untuk kesehatan yang wajib untuk diketahui:

1. Awet Muda

Ingin awet muda dengan kulit yang sehat serta cerah? Daun pegagan menawarkan manfaat yang sangat menjanjikan untuk membuat awet muda. Diketahui, daun pegagan mengandung cukup banyak flavonoid serta senyawa aktif yang disebut “Madecassoide”.

Kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari paparan sinar matahari maupun polusi. Selain itu, antioksidan pada daun pegagan ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, sintesis kolagen dan jaringan kulit.

Dampaknya, tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan pada kulit akan dieliminasi sehingga penggunanya mempunyai kulit yang elastis, sehat, cerah, dan awet muda.

2. Melembabkan Kulit

Daun pegagan juga mempunyai banyak kandungan asam amino, asam lemak, fitokimia, dan beta karoten yang akan senantiasa memberikan nutrisi pada kulit.

Kandungan asam amino dikenal sebagai salah satu bahan pelembab terbaik untuk mengatasi kulit kering, iritasi, dan kasar.

3. Mengatasi Kulit Sensitif

Mempunyai jenis kulit yang sensitif dan kerap mengalami kulit meradang, berwarna kemerahan, rasa panas, gatal, dan iritasi?

Kandungan saponin atau asiaticosides pada daun pegagan bersifat melembabkan kulit dan membantu mengurangi sensitivitas kulit sehingga tidak mudah meradang, gatal, dan iritasi.

4. Mengobati Masalah Kulit

Ada begitu banyak masalah kulit, mulai dari yang ringan, sedang, dan berat. Beberapa masalah kulit yang paling umum terjadi adalah jerawat, eksim, stretch mark, psoriasis, dan bintik noda penuaan.

Kandungan madecassoside yang bersifat sebagai antioksidan akan membantu memperkuat kulit dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga beberapa masalah kulit dapat disembuhkan.

5. Mengatasi Depresi atau Kecemasan

Beberapa penelitian membuktikan manfaat daun pegagan atau Centella asiatica dapat membantu mengatasi depresi dan kecemasan berkat efek antidepresan triterpen total yang ada pada tanaman ini.

Sayangnya, pembuktian tersebut baru dilakukan pada seekor tikus jantan yang tidak tidur selama 72 jam. Kurang tidur merupakan salah satu penyebab kecemasan dan risiko depresi.

6. Menyehatkan Otak dan Mencegah Alzheimer

Kandungan antioksidan pada daun pegagan dapat menyehatkan otak dan sistem saraf sehingga mampu meningkatkan konsentrasi dan melawan stres oksidatif yang menjadi salah satu penyebab penyakit Alzheimer.

7. Mengatasi Tukak Lambung

Penelitian yang menggunakan ekstrak daun pegagan menujukkan efek penghambat lesi lambung akibat pemberian etanol. Selain itu, ekstrak daun pegagan juga terbukti membantu memperkuat lapisan mukosa lambung serta mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

Ekstrak daun pegagan yang diberikan pada tikus menujukkan kandungan daun ini membantu menghambat ulserasi pada lambung akibat stres dan dingin.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3116297/ (Diakses 24 Desember 2021)
https://www.watsons.com.sg/blog/skincare-tips/4-benefits-centella-asiatica-skin/ (Diakses 24 Desember 2021)
Exit mobile version