8 Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan Tubuh (Img: floraqueen.com)

Jantung pisang mengandung Vitamin A, B, C, E, serat, tiamin, niasin, dan asam pantotenat. Selain itu, jantung pisang juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, tembaga, mangan, besi, kalium, seng, protein dan karbohidrat. Itu membuat jantung pisang memiliki sifat antibakteri, antimikroba, anti-kanker, antivirus, anti-inflamasi, dan antioksidan.

Hal itu pada akhirnya dapat membantu Anda melawan radikal bebas yang memiliki efek negatif pada tubuh Jantung pisang atau bunga pisang dihasilkan oleh pokok pohonnya dan merupakan bakal buah pisang. Ia tumbuh pada berbagai jenis pohon pisang.

Pada sebagian jenis pisang, bagian ini memiliki kulit luar merah dan bagian dalam putih kekuningan. Namun, tidak semua jantung pisang bisa dikonsumsi. Jantung pisang yang dapat dikonsumsi adalah yang berasal dari jenis pisang kapok, pisang batu, pisang siam, dan pisang klutuk.

Jantung pisang dari jenis pisang lain seperti pisang ambon, tidak disarankan untuk dikonsumsi sebab kandungan taninnya yang tinggi sehingga rasanya pahit.

Manfaat Jantung Pisang bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat jantung pisang yang sangat baik bagi kesehatan:

1. Menyembuhkan Infeksi

Manfaat jantung pisang yang pertama adalah kemampuannya untuk menyembuhkan infeksi. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan etanol di dalamnya yang mencegah pertumbuhan bakteri patogen. Selain infeksi bakteri, ekstrak jantung pisang juga mampu mencegah pertumbuhan parasit malaria.

2. Mengatasi Diabetes dan Anemia

Bagi Anda penderita diabetes, salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi jantung pisang yang direbus. Jantung pisang memiliki kemampuannya untuk mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin. Hal ini dipengaruhi oleh serat dan zat besi di dalamnya yang membantu dalam produksi sel darah merah.

3. Meningkatkan Suplai ASI

Manfaat yang satu ini bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui karena dapat meningkatkan laktasi. Selain bermanfaat untuk ibu menyusui, jantung pisang juga membantu mengurangi pendarahan yang berlebihan, menjaga kondisi rahim agar tetap sehat, hingga membatasi sembelit selama kehamilan.

4. Melawan Radikal Bebas

Tubuh yang terpapar radikal bebas dalam jumlah banyak bisa menimbulkan berbagai masalah. Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti jantung pisang. Pada akhirnya, penyakit seperti kanker atau penuaan dini tidak akan terjadi pada Anda.

5. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Kecemasan

Magnesium yang terdapat di jantung pisang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan. Manfaat jantung pisang di sini berfungsi sebagai antidepresan tanpa efek samping.

6. Mengurangi Risiko Hipertensi

Konsumsi jantung pisang setiap hari dapat menurunkan tekanan darah Anda, sehingga mengurangi kemungkinan Anda terkena hipertensi.

7. Menyembuhkan Maag

Jantung pisang memiliki protease inhibitor, yang menghilangkan bakteri tukak lambung dan menekan sekresi asam di daerah itu.

8. Meredakan Sembelit

Konsumsi jantung pisang dapat menyehatkan pencernaan Anda dan menghilangkan sembelit. Serat tak larut dari jantung pisang adalah serat yang membantu pencernaan.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STRPerawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version