Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

Manfaat Ketumbar – adalah tumbuhan rempah yang biasa digunakan untuk membuat bumbu masakan khas Indonesia. Ternyata ketumbar memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan tubuh.

Salah satu bumbu masakan untuk menambah rasa makanan adalah ketumbar. Dalam memasak, ketumbar segar dapat dimasukkan ke dalam banyak masakan dan sering digunakan sebagai hiasan. Biji ketumbar juga bisa ditumbuk dan digunakan sebagai bumbu yang lezat.

Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat ketumbar yang jarang diketahui:

1. Mengatasi Masalah Pada Pencernaan

Gangguan pencernaan sering kali membuat seseorang tidak nyaman karena rasa nyeri yang berada pada pencernaan manusia. Ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang mampu untuk mengatasi masalah yang menyerang sistem pencernaan manusia.

Seperti diantaranya diare, perut kembung, cacingan maupun sembelit. Antioksidan yang berada pada ketumbar inilah yang dapat mengatur produksi enzim pencernaan sehingga masalah tersebut dapat teratasi.

2. Memiliki Sifat Analgesik dan Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Sifat analgesik yang ada pada biji ketumbar merupakan zat yang mampu untuk membantu meringankan rasa nyeri yang menyerang tubuh, seperti misalnya nyeri yang muncul akibat sakit gigi.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung ketumbar juga mampu untuk menjaga agar gigi dan mulut tetap sehat. Hal ini dikarenakan dalam ketumbar juga memiliki zat anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut.

3. Membantu Menurunkan Gula Darah

Manfaat ketumbar selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan gula darah. Gula darah yang tinggi adalah faktor risiko untuk diabetes tipe 2.

Biji ketumbar, ekstrak, dan minyak semuanya dapat membantu menurunkan gula darah. Bahkan, orang yang memiliki gula darah rendah atau minum obat diabetes harus berhati-hati dengan ketumbar karena sangat efektif dalam menurunkan gula darah.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketumbar menawarkan beberapa antioksidan, yang mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Senyawa antioksidan telah terbukti untuk melawan peradangan dalam tubuh Anda.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian pada hewan pada penelitian tabung menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol LDL (buruk).

Ekstrak ketumbar tampaknya bertindak sebagai diuretik, membantu tubuh Anda membersihkan kelebihan natrium dan air. Ini dapat menurunkan tekanan darah Anda.

6. Mampu Mengobati Penyakit Kulit

Tak banyak orang mengetahui salah satu manfaat yang bisa dihasilkan oleh biji ketumbar adalah mengobati penyakit-penyakit pada kulit. Penyakit ruam, peradangan, eksim, serta gatal-gatal semuanya bisa diatasi dengan biji yang memiliki aroma khas ini.

Caranya kamu bisa menumbuk beberapa biji ketumbar dan mencampurnya dengan sedikit air, lalu oleskan tumbukan ketumbar tersebut di atas kulit.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STRPerawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version