7 Manfaat Merica atau Lada untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat merica untuk kesehatan

7 Manfaat Merica atau Lada untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Img: seniorstoday.in)

Merica atau lada merupakan rempah-rempah penyedap masakan yang telah lama digunakan sejak puluhan tahun silam. Dibalik manfaatnya untuk menyedapkan masakan, merica mempunyai khasiat untuk kesehatan yang sangat luar biasa.

Merica dihasilkan dari biji buah pohon Pipper nigrum, dibutuhkan pengolahan untuk membuat merica siap pakai. Adapun dua jenis merica atau lada yang dapat dihasilkan, yaitu lada putih dan lada hitam.

Keduanya mempunyai manfaat yang berbeda namun dengan kandungan yang sama-sama berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa kandungan pada merica atau lada:

Tidak hanya itu, merica atau lada juga mengandung antioksidan yang disebut dengan piperine, kandungan ini berguna untuk menangkal radikal bebas.

Seperti yang diketahui bahwa terlalu banyak terpapar radikal bebas dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, mulai dari kanker, penyakit jantung, peradangan, hingga penuaan dini.

Baca juga: 7 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

7 Manfaat Merica atau Lada untuk Kesehatan

Berikut 7 manfaat merica atau lada untuk kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Mencegah Peradangan

Peradangan kronis dapat memicu beragam masalah kesehatan, mulai dari radang sendi, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Kandungan senyawa piperin pada merica atau lada dapat mengurangi sekaligus meredakan peradangan secara efektif.

Dalam penelitian terhadap tikus, piperin bekerja dengan meredakan peradangan di dalam saluran udara akibat asma atau alergi.

Sayangnya, penelitian tersebut baru dilakukan terhadap hewan saja. Perlu dipelajari lebih lanjut khususnya terhadap manusia.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Senyawa piperine yang ada pada merica atau lada menyimpan potensi luar biasa untuk meningkatkan fungsi otak secara alami.

Beberapa penyakit otak degeneratif seperti Parkinson, Alzheimer atau Demensia benar-benar menjadi ancaman nyata untuk setiap orang khususnya lansia.

Penelitian piperine terhadap hewan tikus yang mengidap Alzheimer menunjukkan terjadinya peningkatkan daya ingat atau memori.

Secara garis besar, merica atau lada dapat berpotensi membantu meningkatkan sekaligus mengatasi penyakit otak degeneratif. Sayangnya, penelitian ini baru terbatas pada hewan dan belum teruji pada manusia.

3. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Penyakit diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula darah, hal ini dapat terjadi kepada siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa.

Mencegah lonjakan kadar gula darah dapat dilakukan dengan menghindari faktor risiko seperti tidak mengonsumsi makanan atau minuman manis.

Selain itu, terapkan juga pola hidup sehat dan bila perlu tambahkan stimulan dengan mengonsumsi makanan yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Salah satunya adalah mengonsumsi merica atau lada. Pasalnya, kandungan piperin pada rempah satu ini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein) adalah salah satu jenis kolesterol yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol jahat dapat menumpuk dan menyumbat pembuluh darah, kondisi ini akan menyebabkan gangguan terhadap sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Penelitian ekstrak lada hitam pada hewan menunjukkan potensi yang menjanjikan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain itu, ekstrak lada hitam juga diyakini dapat membantu mengoptimalkan tubuh untuk menyerap suplemen penurun kolesterol layaknya senyawa kurkumin pada kunyit hingga 2.000 persen.

5. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menghasilkan hipotesis mengenai senyawa aktif pada lada atau merica yang menjanjikan sebagai anti kanker.

Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian tabung bahwa senyawa aktif piperin dapat menghambat replikasi sel kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker usus beser.

Hebatnya lagi, senyawa pada merica tersebut juga menginduksi kematian pada sel kanker.

Namun penelitian tersebut sangat terbatas dan baru dilakukan pada studi tabung reaksi saja.

6. Menyehatkan Pencernaan

Merica atau lada dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam usus sehingga akan berdampak langsung terhadap kesehatan pencernaan.

Beberapa manfaat dari banyaknya bakteri baik di dalam usus adalah meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penyakit kronis dan berbahaya, hingga meningkatkan suasana hati.

7. Membantu Melegakan Pernapasan

Mempunyai masalah dengan pernapasan akibat pilek atau flu sehingga hidung tersumbat oleh lendir? Atasi dengan lada atau merica saja.

Merica mempunyai sifat dekongestan alami yang akan membantu mengencerkan lendir di hidung.

Tambahkan merica atau lada dalam setiap makanan khususnya ketika sedang flu atau pilek agar lendir cepat keluar dan pernapasan pun menjadi lega.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STRPerawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://www.healthline.com/nutrition/foods/bell-peppers (Diakses pada 29 Juni 2021)
(Diakses pada 29 Juni 2021)
https://www.healthline.com/nutrition/black-pepper-benefits (Diakses pada 29 Juni 2021)

Exit mobile version