Beragam Manfaat Pijat Bayi dan Kapan Waktu yang Tepat

Manfaat pijat bayi

Beragam Manfaat Pijat Bayi dan Kapan Waktu yang Tepat. (Img: theplab.net)

Pijat bayi tidak hanya bermanfaat untuk si kecil saja melainkan juga untuk orang tua, menurut penelitian setidaknya ada beberapa manfaat memijat bayi mulai dari meningkatkan kedekatan antara ibu dan anak, membantu bayi lebih releks dan terhindar dari stres, dan mengurangi bayi rewel.

Ketika orang tua memberikan pijatan pada bayi secara rutin maka akan menumbuhkan kepercayaan dan komunikasi, hal ini sangat baik untuk perkembangan bayi di awal kehidupannya.

Baca juga: Jasa Pijat Bayi di Rumah Oleh Tenaga Kesehatan Profesional

Manfaat Pijat Bayi

Manfaat memijat bayi telah dibuktikan melalui berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Berikut beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Kedekatan Antara Ibu dan Bayi

Pada awal perkembangan, interaksi langsung seperti memijat bayi yang dilakukan secara intens antara orang tua dan anak dapat meningkatkan kedekatan baik dari sisi emosional dan kepercayaan.

2. Membuat Bayi Lebih Tenang

Sentuhan lembut di sekujur tubuh bayi dapat membantu melancarkan sistem peredarah darah serta merangsang sistem saraf pusat untuk memproduksi hormon endorfin maupun serotin sehingga bayi menjadi lebih tenang dan tidak rewel.

3. Mencegah Bayi Stres

Ya, stres ternyata tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja melainkan juga bisa terjadi pada bayi. Memijat bayi dapat membantu memengaruhi hormon positif guna mengendalikan dan mencegah bayi stres.

4. Membantu Melancarkan Pencernaan

Pijatan pada perut bayi akan membantu mengurangi ketegangan otot perut serta melancarkan sistem peredaran darah dan pencernaan sehingga risiko seperti perut kembung, sembelit, atau sakit perut dapat teratasi.

5. Membantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Melakukan pemijatan bayi dapat membantu produksi hormon melatonin lebih banyak, hormon ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur bayi di malam hari sehingga si kecil tidak mudah bangun dan tidurpun menjadi lebih nyenyak.

6. Membantu Mengurangi Kadar Bilirubin

Kadar bilirubin adalah zat yang dihasilkan dari penguraian sel darah merah di dalam tubuh. Zat bilirubin inilah yang menyebabkan warna kuning pada urine tinja.

Apabila zat bilirubin terlalu banyak maka dapat menyebabkan penyakit kuning, yang mana penyakit ini paling banyak dialami oleh bayi.

Manfaat memberikan pijatan pada bayi usia 1 bulan atau di awal kehidupannya membantu mengurangi kadar bilirubin yang berdampak terhadap menurunnya risiko penyakit kuning.

Manfaat Pijat Bayi untuk Orang Tua

Manfaat memijat bayi tidak hanya diterima oleh anak saja, melainkan juga pada orang tua. Berikut beberapa manfaat memijat bayi untuk orang tua:

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memijat Bayi?

Memijat bayi dapat dilakukan setiap hari dan kapan saja, baik di pagi, siang, sore ataupun malam hari. Namun hal yang wajib diperhatikan adalah pastikan memijat bayi dengan cara dan waktu yang tepat.

Jangan melakukan pemijatan setelah bayi menyusu karena dapat menyebabkan bayi muntah. Tunggulah setidaknya 45 menit setelah bayi menyusu baru kemudian lakukan pemijatan.

Hindari melakukan pemijatan dengan penakanan yang terlalu kuat serta hentikan pijatan ketika bayi menangis atau tidak nyaman. Tanda bayi sedang tidak ingin dipijat lainnya dapat berupa kekakuan pada lengan maupun tubuh dan bayi memalangikan kepalanya.

Pesan Layanan Jasa Pijat Bayi Online

Melakukan pemijatan bayi harus dilakukan dengan cara yang benar agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal oleh si kecil. Jika Anda tidak tahu cara memijat bayi, Anda dapat melakukan pemesanan jasa pijat bayi online di MHomecare.

Jasa pijat bayi yang 100% dilakukan oleh tenaga bidan profesional dan berpengalaman siap datang ke rumah Anda kapan saja.

Pesan jasa pijat bayi online sekarang juga melalui website www.mhomecare.co.id atau WhatsApp marketing MHomecare di 087877569286.

Layanan jasa pijat bayi ini dapat dipesan di berbagai kota besar di Indonesia, seperti: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta (Jogja), Surabaya, dan NTB.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/infant-massage/art-20047151 (Diakses 3 Oktober 2021)
https://www.healthline.com/health/parenting/baby-massage#when-to-start-massage (Diakses 3 Oktober 2021)
Exit mobile version