5 Obat Bisul Paling Mujarab di Apotek Beserta Harganya

5 Obat Bisul Paling Mujarab di Apotek Beserta Harganya

5 Obat Bisul Paling Mujarab di Apotek Beserta Harganya. (Img: fhpmco.fr)

Bisul adalah tanda dari adanya infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus Aureus dengan gejala utama munculnya benjolan berisi nanah.

Infeksi bakteri ini dapat terjadi di mana saja namun paling sering terjadi pada bagian tubuh seperti ketiak, bokong, leher, wajah, kepala, leher hingga kemaluan.

Meski tidak merupakan penyakit berbahaya, bisul dapat menyebabkan komplikasi infeksi yang serius. Beberapa di antarnya adalah menyebarnya bakteri ke lapisan kulit yang lebih dalam (Selulitis) dan masuknya bakteri ke dalam darah hingga menyebar ke seluruh tubuh (sepsis).

Pada tahap awal penanganan penyakit kulit ini tidak membutuhkan obat bisul, cukup lakukan perawatan mandiri di rumah dengan rutin melakukan kompres air hangat dan memijat bagian pinggir bisul agar nanah segera berkumpul pada puncak bisul.

Jika hal tersebut tidak juga membuahkan hasil atau malah menyebabkan gejala seperti sakit yang tak tertahankan hingga mengalami demam. Segera kunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisinya.

Namun jika bisul tidak menyebabkan demam atau gejala lain yang berbahaya, penderita bisul dapat menggunakan obat bisul di apotek. Terdapat banyak obat bisul yang paling mujarab dan ampuh mencegah bisul tumbuh lagi.

Baca juga: 5 Bahan Ini Ampuh Obati Bisul Secara Alami Tanpa Efek Samping

Rekomendasi 5 Obat Bisul di Apotek

Dalam mengatasi bisul tidak membutuhkan resep obat bisul dari dokter, beberapa apotek juga menyediakan apoteker yang berpengalaman dalam merekomendasikan obat bisul yang paling bagus.

Berikut 5 obat bisul di apotek yang paling ampuh mengobati sekaligus mencegah bisul.

1. Benzocaine

Obat bisul dalam bentuk salep ini kerap digunakan untuk meringankan gejala nyeri atau sakit yang diakibatkan oleh bisul. Cara kerja dari salep bisul ini seperti bius lokal yang akan menyebabkan area sekitar bisul mati rasa.

Oleskan sedikit saja salep ini ke bagian bisul, sangat penting untuk membaca aturan pakai salep Benzocaine sebelum menggunakannya.

Jika terjadi iritasi seperti kulit memerah, ruam dan terjadi peradangan di wajah atau lidah, segera hentikan penggunaan obat ini.

Harga obat salep bisul Benzocaine di apotek sekitar Rp 125.000,00/kemasan.

2. Gentamicin

Salah satu jenis obat bisul salep dari golongan aminoglikosida yang manjur mengatasi infeksi kulit akibat bisul secara luas.

Bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bisul sehingga proses infeksi dapat dihentikan.

Wajib konsultasikan dengan dokter atau apoteker dan selalu baca aturan pakai obat salep ini karena salah penggunaan dapat menyebabkan bisul tidak kunjung sembuh bahkan berisiko menyebabkan bisul semakin memburuk.

Harga obat salep bisul Gentamicin di apotek sekitar Rp 5.900-48.000,00/kemasan.

3. Mupirocin

Bakteri Staphylococcus Aureus menjadi penyebab infeksi pada kulit sehingga menyebabkan bisul, obat salep Gentamicin mengandung antibiotik yang efektif membasmi bakteri tersebut.

Selain bisul, bakteri Staphylococcus Aureus juga menyebabkan penyakit kulit lainnya seperti eksim, impetigo, herpes, dan psoriasis.

Cara kerja dari Mupirocin mencegah enzim isoleusil-tRNA sintetase atau enzim yang diperlukan oleh bakteri penyebab bisul dalam menghasilkan protein guna melakukan infeksi pada kulit.

Baca aturan pakai produk ini pada kemasan, bila perlu tanyakan atau konsultasikan dengan apoteker dan dokter dalam menggunakan Mupirocin.

Harga obat salep bisul Mupirocin di apotek sekitar Rp 35.000-99.000,00/kemasan.

4. Clindamycin

Salah satu obat bisul dalam bentuk oral ini efektif untuk menghentikan sekaligus menyembuhkan infeksi pada kulit akibat bisul.

Cara kerja dari obat bisul oral Clindamycin (Cleocin®) adalah menghentikan bakteri agar tidak bisa memproduksi protein yang mana hal ini digunakan untuk menginfeksi tubuh manusia.

Clindamycin termasuk antibiotik yang wajib dikonsumsi hingga benar-benar habis sesuai dengan anjuran dokter atau aturan pakai.

Pasalnya antibiotik yang tidak dihabiskan atau menyisakan sedikit saja maka berakibat fatal, bakteri yang tersisa dapat bermutasi menjadi lebih resisten terhadap antibiotik. Risikonya bisul tak kunjung sembuh malah justru semakin memburuk.

Harga obat bisul oral Clindamycin di apotek sekitar Rp 20.500-90.500,00/kemasan.

5. Paracetamol

Obat sejuta manfaat ini dapat digunakan untuk mengatasi bisul yang menyebabkan peradangan pada kulit. Paracetamol bekerja dengan mencegah terjadinya peradangan dan meringankan rasa nyeri atau sakit akibat infeksi bakteri penyebab bisul.

Hentikan penggunaan Paracetamol jika kondisi bisul tak kunjung membaik atau malah semakin membesar hingga menyebabkan peradangan di kelenjar getah bening atau rasa sakit semakin menjadi-jadi.

Diperlukan pemeriksaan dan perawatan oleh dokter guna mengeluarkan nanah pada bisul hingga mencegah terjadinya infeksi lebih luas.

Harga obat Paracetamol di apotek sekitar Rp 3.500/butir.

Selain menggunakan Paracetamol untuk menghentikan peradangan dan meringankan rasa sakit, dapat juga menggunakan Ibuprofen dengan fungsi dan cara kerja yang sama dengan Paracetamol. Harga Ibuprofen sekitar Rp 7.200/strip hingga Rp 99.000 di apotek.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version