Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi, Konsumsi 8 Obat Alami Berikut Ini

Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi

Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi Secara Alami. (Img: uploadarticle.com)

Penyakit batu ginjal disebabkan akibat tersumbatnya saluran ginjal seperti kandung kemih, ureter atau uretra oleh materi keras menyerupai batu. Materi keras tersebut terbentuk di dalam ginjal akibat pengendapan mineral dan garam.

Pada tahap awal mineral tersebut berbentuk kristal dan dapat keluar dengan sendirinya setiap buang air kecil bersama dengan urine. Namun lambat laun bila kristal tersebut tidak keluar maka dapat mengendap dan berubah menjadi batu ginjal.

Beberapa gejala yang dirasakan akibat batu ginjal meliputi nyeri punggung, mual, muntah hingga demam dan terjadinya infeksi. Jika tidak segera mendapatkan pengobatan atau perawatan, maka batu ginjal dapat menyebabkan komplikasi seperti luka pada ureter, infeksi akibat bakteremia hingga pendarahan.

Tindakan pengobatan batu ginjal secara medis dapat menggunakan obat-obatan seperti analgesik, obat antiinflamasi non steroid atau obat penahan rasa nyeri lainnya. Jika tidak dapat ditangani menggunakan obat, maka tindakan operasi batu ginjal dapat dilakukan.

Baca juga: 10 Makanan Penghancur Batu Ginjal, Nomor 9 Terbukti Ampuh

Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal dapat terjadi pada semua orang, baik laki-laki atau pun perempuan. Dibutuhkan penerapan gaya hidup sehat dan pola makan sehat serta selalu mencukupi kebutuhan cairan. Pasalnya batu ginjal dapat terbentuk salah satunya karena kurangnya cairan tubuh.

  1. Penuhi cairan tubuh. Minumlah air putih sebanyak 8-12 gelas sehari untuk mencegah dehidrasi yang berisiko menyebabkan batu ginjal. Mengkonsumsi minum air putih dengan jumlah yang cukup adalah salah satu cara mengeluarkan batu ginjal secara alami tanpa operasi.
  2. Konsumsi makanan penyebab batu ginjal. Beberapa jenis makanan yang mengandung serat kalsium atau suplemen kalsium sebaiknya dihindari. Namun pastikan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahuinya secara pasti sesuai dengan kondisi kesehatan.
  3. Kurangi mengkonsumsi daging dan jeroan. Beberapa jenis daging hewan seperti sapi, kambing, domba, unggas, ikan atau jeroan sebaiknya dikurangi karena mengandung kadar purin yang cukup tinggi. Kadar purin tersebut dapat memicu asam urat dan menimbulkan batu ginjal.

Pengobatan Batu Ginjal Secara Alami

Tidak sepenuhnya penderita batu ginjal harus menjalani operasi untuk mengeluarkan batu ginjal. Berikut 8 cara pengobatan batu ginjal tanpa operasi yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan batu ginjal secara alami.

1. Air putih

Mengkonsumsi air putih selain manjur untuk mencegah terbentuknya batu ginjal ternyata juga ampuh untuk mengobati penyakit batu ginjal. Minum air putih sebanyak 12 gelas setiap hari akan membantu membuat batu ginjal menjadi terkikis, lama kelamaan batu ginjal dapat terdorong keluar bersama dengan urine.

Perhatikan kondisi tubuh, jangan sampai dehidrasi. Lihat warna urine, jika berwarna kuning atau gelap itu tandanya dehidrasi, segera konsumsi air putih. Setelah sembuh dari batu ginjal, penderita harus tetap menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan rutin mengkonsumsi 8-12 gelas sehari.

2. Air lemon

Bosan dengan air putih? Tambahkan air lemon ke dalam air putih untuk mendapatkan rasa yang berbeda dan lebih segar. Air lemon mengandung zat sitrat atau bahan kimia yang efektif untuk mencegah terbentuknya batu kalsium. Selain itu, zat sitrat juga berfungsi untuk memecah batu ginjal yang berukuran agar mudah untuk dikeluarkan bersama dengan urien.

Rutin mengkonsumsi air lemon dapat memberikan efek yang cukup bagus untuk menyembuhkan batu ginjal. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C yang ada di lemon juga bagus untuk mempertahankan kekebalan tubuh secara optimal dan alami.

3. Sari cuka apel

Sari cuka apel mengandung asam asetik yang bisa membantu menghancurkan batu ginjal. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan oleh batu ginjal.

Kamu bisa mengonsumsi sari cuka apel dengan cara menambahkan 2 sendok makan sari cuka apel dalam 250 ml atau satu gelas.

4. Jus buah delima

Jus buah delima kaya akan antioksidan yang dapat menghambat perkembangan batu ginjal dan membantu menjaga ginjal tetap sehat. Jus ini juga dapat menurunkan kadar keasaman urine sehingga membantu mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

Tak sampai di situ, dengan mengonsumsi jus buah delima ternyata dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat batu ginjal.

5. Jus seledri

Jus seledri menjadi obat batu ginjal alami yang diyakini dapat membasmi racun pembentuk batu ginjal. Jus ini juga dipercaya mampu meluruhkan batu ginjal.

Namun, ada beberapa orang yang tidak bisa mengonsumsi jus ini, seperti adanya gangguan pendarahan, pengidap tekanan darah rendah, dan akan menjalani operasi.

6. Rumput gandum

Rumput gandum mempunyai sifat diuretik yang dapat membantu batu ginjal lebih mudah mengalir keluar bersama urine. Selain itu, obat alami batu ginjal ini juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat membersihkan ginjal.

7. Daun basil

Daun basil mengandung asam asetat yang dipercaya mampu meluruhkan batu ginjal dan menghilangkan rasa nyeri akibat penyakit batu ginjal. Selain itu, daun ini juga memiliki kandungan molekul antioksidan dan antiradang yang dapat menjaga kesehatan ginjal.

Namun, obat alami batu ginjal ini hanya bisa dikonsumsi maksimal 6 minggu. Jika terlalu lama, maka terdapat efek sampingnya. Misalnya, tekanan darah rendah, gula darah rendah, dan meningkatnya pendarahan.

8. Rebusan kacang merah

Rebusan kacang merah dapat membantu mengatasi batu ginjal dengan cara meningkatkan kesehatan ginjal. Selain itu, air rebusan kacang merah juga dapat melarutkan dan meluruhkan batu ginjal.

Perlu diketahui, obat alami batu ginjal bukan bertujuan untuk menggantikan resep dokter. Pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

Apabila obat batu ginjal alami yang sudah disebutkan di atas tidak ampuh dan batu ginjal yang Anda miliki tidak kunjung hilang serta menimbulkan gejala seperti timbulnya rasa sakit yang parah, keluarnya darah saat pipis, demam, dan menggigil sebaiknya segera kunjungi dokter.

Baca juga:

Refrensi:
https://www.healthline.com/health/kidney-health/home-remedies-for-kidney-stones

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version