Presbikusis: Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Presbikusis - Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Presbikusis - Penyebab, Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan (Img: medicalnewstoday.com)

Prebikusis adalah penurunan kemampuan pendengaran akibat proses penuaan atau disebut juga degenerasi. Proses ini terjadi secara lambat dan berangsur memberat pada kedua telinga.

Presbikusis terjadi akibat adanya perubahan pada telinga dalam karena penambahan usia. Namun kondisi ini juga bisa dipicu oleh perubahan pada telinga bagian tengah atau perubahan kompleks sepanjang jalur saraf yang mengarah ke otak.

Seiring dengan bertambahnya usia, beberapa fungsi tubuh akan semakin berkurang juga. Salah satunya adalah menurunnya fungsi pendengaran. Kondisi ini merupakan proses multifaktor, dimana proses penuaan dan paparan suara bising dalam jangka waktu lama menjadi faktor penyebab utamanya Keadaan ini sering terjadi pada lansia berusia sekitar 60 tahun.

Pendengaran terjadi saat gelombang suara mencapai struktur di dalam telinga, di mana getaran gelombang suara akan diubah menjadi sinyal saraf yang dipahami otak sebagai suara. Beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan hingga kehilangan pendengaran adalah:

Penyebab Presbikusis

Penyebab Presbikusis (Img: nobilehearing.com)

Terdapat beberapa penyebab gangguan pendengaran karena faktor usia. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan presbikusis:

Selain karena penyakit tertentu, pada usia lanjut, berkurangnya pendengaran dapat disebabkan karena kerusakan pada rambut getar di telinga yang bertugas menghantarkan suara ke otak, perubahan struktur telinga ataupun perubahan aliran darah ke telinga.

Gejala

Gejala presbikusis muncul secara lambat dan bertahap, sehingga menyebabkan penyakit ini tidak disadari oleh penderitanya. Gejalanya meliputi:

Pengobatan Presbikusis

Pengobatan Presbikusis (Img: news-medical.net)

Pengobatan dan penanganan pada penderita presbikusis berbeda-beda tergantung dari seberapa parah kondisi yang dikeluhkan oleh penderita.Pengobatan yang dapat diberikan meliputi:

1. Operasi Telinga

Operasi dilakukan jika pasien hilang pendengaran secara penuh yang dapat disebabkan oleh cidera pada telinga, infeksi, atau adanya kelainan pada struktur tulang telinga.

2. Pembersihan Kotoran Telinga

Pemebersihan dilakukan guna mengankat kotoran telinga berlebih yang menyumbat hingga telinga dalam. Kotoran dapat diangkat dengan cara dikorek, atau dengan berbagai metode dan alat khusus.

Hindari melakukan pembersihan telinga sendiri dengan menggunakan cotton bud, karena dapat memungkinkan akan mendorong kotoran masuk lebih dalam ke dalam telinga yang malah akan memperburuk penyumbatan.

3. Implan Koklea

Metode ini dilakukan dengan cara menanam sebuah alat ke dalam telinga yang berfungsi untuk menunjang fungsi koklea dalam mengambil dan menyampaikan getaran suara ke otak.

4. Terapi Lip Reading

Cara lain yang dapat dilakukan oleh penderita presbikusis adalah terapi lip reading atau disebut juga terapi membaca gerak bibir. Pada terapi ini pasien akan diajarkan cara membaca gerakan bibir dan gerakan tubuh lawan bicara.

Pencegahan

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya presbikusis pada seseorang, yaitu:

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version