fbpx

Tips Memilih Skincare Aman untuk Ibu Hamil

thumbnail

Perubahan hormonal pada saat hamil seperti munculnya jerawat, pigmentasi, muncul bintik hitam, hingga munculnya stretch mark mungkin akan terjadi. Berikut Skincare aman untuk ibu hamil

Sejumlah upaya dilakukan untuk meminimalisasi dampak perubahan kondisi kulit ini, di antaranya dengan menggunakan produk kosmetik tertentu.

Penting untuk diingat, jangan sembarangan dalam memilih kosmetik, pilih yang aman untuk ibu hamil.

Berikut beberapa tips untuk memilih skincare aman untuk ibu hamil:

Pemakaian pelembab

Pelembab merupakan produk wajib untuk ibu hamil, yang berfungsi menjaga kadar air dalam kulit sehingga mengurangi risiko terjadinya stretch mark.

Stretch mark ini muncul jika volume otot, lemak, dan berat janin bertambah.

Selain itu, pelembab juga dapat mengurangi risiko iritasi pada kulit yang terlalu sensitif maupun kulit yang mudah terinfeksi.

Tabir surya

Tabir surya juga menjadi produk wajib bagi ibu hamil, karena saat hamil biasanya terjadi pigmentasi kulit, terutama pada area wajah.

Hal ini mengakibatkan melasma atau bercak berwarna gelap.

Nah, untuk itu jika ingin keluar rumah sebaiknya oleskan sedikit tabir surya secara merata di area wajah, jangan lupa juga gunakan produk yang disarankan untuk ibu hamil. 

Gunakan produk sesuai kebutuhan

Penggunaan produk kimia secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan kulit ibu hamil, terlebih lagi jika Anda memiliki riwayat kulit sensitif.

Peningkatan kadar hormon pada masa kehamilan akan mempengaruhi peningkatan sirkulasi darah dan sistem imun, termasuk di kulit.

Hal ini menyebabkan kulit pada ibu hamil cenderung lebih sensitif, mudah iritasi, maupun mudah terinfeksi.

Oleh karena itu, dalam penggunaan kosmetik atau skincare harus disesuaikan dengan kebutuhan dan secukupnya.

Pemakaian produk yang berlebihan juga akan memperparah iritasi bahkan bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya reaksi alergi.

Hindari kosmetik atau skincare yang berbahaya untuk janin

Skincare memiliki ingredients yang berbeda-beda, perhatikan bahan yang digunakan agar kita terhindar dari iritasi, terutama skincare yang berbahan golongan derivat.

Bahaya dari kosmetik atau skincare yang berbahan golongan derivat pada ibu hamil bisa menyebabkan kecacatan pada janin dan keguguran.

Sementara itu, produk yang berbahan derivat antara lain vitamin A, retinol, tretinoin, isotretinoin.

Jika ragu dalam memilih produk skincare atau kosmetik, sebaiknya konsultasikan kepada dokter spesialis kulit.

Nah itu dia tips untuk memilih skincare yang aman untuk ibu hamil. Sah-sah saja, untuk merawat diri dengan berbagai produk skincare baik yang alami maupun pilihan, tetapi harus tetap berhati-hati dalam memilih bahan-bahan skincare tersebut agar kita tidak membahayakan keselamatan si Kecil.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *