10 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

10 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

10 Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan (reputationtoday.in)

Manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh sudah sangat populer di seluruh dunia. Ini karena teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah kanker hingga menjaga kesehatan jantung.

Minuman teh hijau berasal dari tiongkok. Biasa disajikan panas, namun bisa juga dalam keadaan dingin atau dengan campuran madu.

Kandungan Nutrisi Teh Hijau

Berikut nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam teh hijau:

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan (Img: express.co.uk)

Berbagai kandungan pada teh hijau diatas sangat baik bagi kesehatan tubuh. Teh hijau juga memiliki efek menenangkan bagi peminumnya.

1. Membakar Lemak

Manfaat teh hijau yang pertama adalah mampu membantu tubuh dalam membakar lemak. Ini dikarenakan teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Karena itu teh hijau sangat baik untuk program diet Anda dan membantu menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Teh hijau mengandung kafein yang dapat mencegah rasa ngantuk. Kafein juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak dan mempertajam daya ingat.

Kandungan kafein dan asam amino L-teanin pada teh hijau dapat membantu kinerja otak menjadi lebih baik.

3. Mencegah Pertumbuhan Kanker

Manfaat teh hijau yang tak kalah penting yaitu dapat mencegah kanker. Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker.

Teh hijau dipercaya dapat mencegah kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat.

4. Meningkatkan Energi

Teh hijau dapat meningkatkan fisik tubuh. Teh hijau mengandung kafein yang tidak hanya mencegah rasa kantuk namun juga berfungsi mengubah asam lemak menjadi energi.

5. Melindungi Tubuh dari Infeksi

Kandungan katekin dalam teh hijau dipercaya dapat membunuh bakteri dan menghambat perkembangan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu virus yang dapat dilawan oleh katekin adalah virus influenza.

6. Mengurangi Risiko Alzheimer dan Parkison

Manfaat teh hijau selanjutnya yaitu dapat mengurangi risiko terkena Alzheimer dan Parkinson. Katekin tidak hanya dapat melindungi tubuh dari infeksi namun juga dipercaya bermanfaat untuk melindungi otak, terutama pada lansia.

Minum teh hijau secara rutin akan menurunkan risiko terkena Alzheimer dan Parkinson.

7. Mencegah Diabetes Melitus tipe 2

Rutin mengonsumsi teh hijau dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensivitas insulin. Hal ini sekaligus dapat mencegah diabetes melitus 2 yang dipicu oleh kadar gula darah yang tinggi dan saat tubuh tidak mampu menghasilkan insulin.

8. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Tak hanya mencegah infeksi dan menjaga kesehatan otak, ternyata kandungan katekin dalam teh hijau juga dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Katekin membantu menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Katekin juga dipercaya dapat mencegah bau mulut.

9. Menenangkan Pikiran

Manfaat teh hijau selanjutnya adalah dapat menenangkan pikiran. Tidak hanya berpengaruh pada fisik tubuh saja namun ternyata teh hijau juga baik untuk kesehatan mental.

Kandungan theanin pada teh hijau dapat memberikan efek yang menenangkan untuk pikiran.

10. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan dalam teh hijau dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah dan mencegah kolesterol jahat yang merupakan salah satu pemicu utama penyakit jantung.

Panduan Konsumsi Teh Hijau

Panduan Konsumsi Teh Hijau (Img: allabout-japan.com)

Berikut beberpa tips mengonsumsi teh hijau agar khasiat dan manfaatnya tidak berkurang bagi tubuh:

  1. Minum saat masih hangat
  2. Rutin minum 3 hingga 4 kali sehari
  3. Jangan tambahkan campuran apapun
  4. Jangan minum teh hijau sebelum tidur

Teh hijau memang sudah terbukti memiliki segudang manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental tubuh. Namun konsumsi teh hijau harus tetap diimbangi dengan asupan makanan bergizi dan gaya hidup sehat.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STRPerawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version