6 Manfaat Jagung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Jagung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Jagung bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui (Img: healthline.com)

Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang tinggi. Sebagian masyarakat indonesia menggunakan jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. Manfaat jagung bagi kesehatan beragam mulai dari melancarkan pencernaan hingga menjaga kesehatan mata.

Jagung sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia. Rasanya yang manis membuat jagung banyak digemari. Jagung juga mudah diolah dengan beragam cara, mulai dari dibakar, dikukus, hingga dijadikan sup dan popcorn.

Kandungan Nutrisi Jagung

Jagung mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, antara lain:

Manfaat Jagung bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat jagung yang jarang orang ketahui:

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat jagung bagi kesehatan yang pertama adalah mampu melancarkan saluran pencernaan. Ini dikarenakan kandungan serat pada jagung.

Serat akan dicerna lebih lama dan membuat saluran pencernaan lebih aktif. Selain itu serat juga dapat membantu mencegah sembelit.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Jagung mengandung antioksdan dan lutein yang dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Rutin mengonsumsi jagung dapat mengurangi risiko penyakit mata karena penuaan dan katarak.

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat jagung selanjutnya adalah untuk meningkatkan kepadatan tulang. Jagung mengandung fosfor yang kadarya mencapai 10% dari kebutuhan harian fosfor orang dewasa.

Jadi jagung dapat menjadi asupan alternatif bagi orang yang kesulitan mencerna susu atau memiliki alergi susu (intoleransi laktosa).

4. Mencegah Depresi

Kandungan magnesium pada jagung dipercaya mampu menjaga suana hati dan juga menjaga kesehatan serta fungsi otak. Kadar magnesium yang rendah pada tubuh dapat meningkatkan risiko depresi.

Rutin mengonsumsi jagung dapat meningkatkan kadar magnesium sehingga mengurangi risiko depresi.

5. Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat jagung selanjutnya adalah mampu membantu tubuh mengendalkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan jagung mengandung mineral kalium dan magnesium serta antioksidan.

Rutin mengonsumsi jagung mampu membantu mencegah penyakit darah tinggi.

6. Menangkal Radikal Bebas

Jagung mengandung antioksidan dan vitamin C yang dipercaya baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Antioksidan baik untuk menangkal radikal bebas yang meningkatkan risiko terkena penyakit dan penuaan dini.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STRPerawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version