Apa Itu Caregiver? Simak Peran Dan Tugasnya

thumbnail

Caregiver adalah individu yang memberikan asuhan keperawatan kepada seorang pasien setiap hari dan dalam periode waktu yang cukup lama.

Istilah caregiver secara bahasa bisa diartikan sebagai “ pemberi perhatian ”. Khusus dalam konteks keperawatan, caregiver adalah suatu profesi dari cabang ilmu keperawatan. Latar belakangnya adalah diperlukannya profesi khusus yang menangani masalah keperawatan orang lansia.

Seorang caregiver bertanggung jawab untuk memberi perhatian dan kasih sayang pada klien yang ditanganinya. Di Indonesia sendiri, mungkin istilah-istilah ini masih terbilang asing. Karena pekerjaan/profesi ini di Indonesia terbilang langka, mungkin karena rata-rata umur orang Indonesia terbilang pendek, yaitu maksimal sekitar 60 tahun.

Orang Indonesia juga memiliki kecenderungan untuk menjaga keluarganya sendiri. Karena itu, caregiver di Indonesia yang berprofesional sangatlah langka. Secara praktis, tenaga kesehatan ini di Indonesia belum ada penggolongan jenis atau spesialisasi.

Caregiver digolongkan berdasarkan pengalaman kerja dan skill yang telah mereka kuasa seperti junior, medium, dan senior. Dalam praktek di Indonesia belum ada standar kompetensi resmi dari lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah, namun masing-masing penyalur wajib memiliki standar internal.

Walaupun ada juga beberapa yang memiliki latar belakang pendidikan keperawatan. Tetapi ada aturan yang berlaku yang harus dilakukan oleh seorang caregiver, misalnya mereka tidak boleh menangani tindakan  medis yang menjadi tugas seorang perawat. Seperti, memasang infuse, memasang kateter, memasang selang dan lain sebagainya.

Dalam merekrut seorang caregiver ada hal yang harus diperhatikan di rumah yaitu dengan mengetahui latar belakang jasa penyalur caregiver yang anda tunjuk. Perusahaan jasa layanan yang dipilih harus memiliki training centre yang baik untuk memberikan pelatihan kepada para tenaganya.

Perhatikan apakah perusahaan penyalur memiliki system perekrutan yang bisa dipertanggungjawabkan apabila caregivernya tidak baik, apakah perusahaan memiliki training centre yang memadai untuk melatih.

Beberapa peran caregiver dalam salah satu home care, yaitu:

  • Sebagai pasien educator

Perawat akan melakukan berbagai hal atau ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan kesehatan pasien. Perawat juga harus mendidik caregiver yang ditugaskan serta keluarga pasien, agar mereka mampu mengatasi masalah pada pasien.

  • Sebagai pasien advocate

Perawat harus memastikan bahwa apa yang di lakukan dalam bentuk tindakan, pada pasiennya sudah baik dan tidak ada kesalahan dalam penanganan, seperti salah diagnose tau salah memberi obat.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *