Berikut Langkah Penggunaan dan Melepaskan APD

thumbnail

Alat Pelindung Diri (APD) atau dapat disebut Hazmat Suit ialah satu kejawiban yang mutlak digunakan oleh para tenaga medis, berikut langkah penggunaan dan melepaskan APD.

Hazmat Suit menjadi kebutuhan mutlak untuk para tenaga kesehatan dalam menangani pasien, salah satunya pasien infeksi Virus Corona atau Covid-19. Penggunaan APD sangat penting untuk mencegah penularan coronavirus, melalui droplet atau cairan liur dari pasien yang terinfeksi Covid-19.

Alat pelindung diri berupa berbagai macam, seperti masker, sarung tangan, kacamata atau pelindung mata dan gaun pelindung.

Nah, di tengah wabah virus corona seperti ini, masker sangat penting digunakan bagi mereka yang menderita gejala infeksi virus, terutama batuk dan flu. Selain orang sakit, masker juga dianjurkan untuk digunakan oleh tenaga medis dan mereka yang merawat orang lain yang mungkin Covid-19.

Namun, untuk seseorang yang awam terhadap pemakaian APD ini harus mengetahui bagaimana langkah penggunaan dan melepaskan alat tersebut.

Langkah Penggunaan dan Melepaskan Alat Pelindung Diri (APD)

Menggunakan APD ini, jubah harus dikanakan terlebih dahulu oleh para tenaga medis sebelum memasang sarung tangan, penutup kepala, sepatu dan pelindung wajah. Hal ini dilakukan guna memastikan tidak ada celah yang dapat menyebabkan kontaminasi bisa terjadi. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan penggunaan APD berikut ini :

  1. Gaun atau jubah

Gunakan gaun hingga menutupi seluruh tubuh dari leher hingga lutut, tangan hingga pergelangaan dan menutupi seluruh bagian belakang tubuh ikat dengan erat pada bagian belakang leher dan pinggang.

  1. Masker

Ikat tali pada bagian tengah kepala dan leher pastikan posisi masker pada batang hidung sudah pas. Pastikan posisi masker menutupi hingga bawah dagu, pastikan anda dapat bernafas dengan nyaman.

  1. Goggle atau pelindung wajah

Penggunaan pelindung wahah letakkan hingga melindungi wajah dan mata, pastikan posisi suah sesuai

  1. Sarung Tangan

Pasang satung tangan hingga menutupi pergelangan tangan gaun isolasi

Semntara untuk tata cara melepaskan APD atau hazmat suit, juga tidak boleh sembarangan. Berikut metode melepas alat pelindung tersebut :

  • Langkah pertama : melepas sarung tangan dan jubah tanpa menyentuh bagian luarnya.hal ini harus dilakukan karena alat tersebut dianggap telah terkontaminasi, setelah pemakai melakukan kontak fisik dengan pasien yang terinfeksi.
  • Langkah kedua : APD harus dilepas dengan cara digulung ke bawah dari ujung ke ujung. Setelah itu pengguna baru boleh melepas SCBA

Nah, harus diketahui bahwa APD harus dilepas sebelum keluar dari area isolasi. Selain itu, bagian depan respirator tidak boleh disentuh dan tangan harus dicuci di antara setiap langkah.

Jadi, harus diingat untuk menghindari melakukan menyentuh wajah. Batasi permukaan yang tersentuh juga ganti sarung tangan saat rusak atau terkontaminasi serta jaga higienitas tangan.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *