7 Cara Sederhana Agar Hidup Sehat dan Awet Muda, Yuk Buktikan!

Cara hidup sehat dan awet muda

7 Cara Sederhana Agar Hidup Sehat dan Awet Muda

Hidup sehat dan awet muda merupakan keinginan bagi semua orang, namun bagaimana cara untuk mendapatkannya? Dalam artikel ini akan dituliskan mengenai tips atau cara hidup sehat yang dapat membuat penampilan lebih awet muda.

Ada banyak sekali faktor yang memengaruhi kesehatan tubuh yang kemudian berdampak terhadap penampilan. Beberapa faktor tersebut adalah gaya hidup, pola makan, ketenangan jiwa, dan lain sebagainya.

Memiliki tubuh yang sehat sangat menguntungkan, selain terbebas dari risiko penyakit berbahaya juga dapat membuat penampilan menjadi lebih muda.

Rahasia awet muda tanpa obat dan kosmetik dapat dicapai dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang menyehatkan tubuh.

Cara Sederhana Agar Tubuh Sehat dan Awet Muda

Berikut tips hidup sehat dan awet muda untuk pria maupun wanita yang disadur dari berbagai sumber terpercaya:

1. Hindari Paparan Sinar Matahari

Rahasia awet muda yang pertama adalah menghindari kulit terpapar sinar matahari. Pasalnya, sinar UV matahari seperti sinar ultraviolet (UV) dan sinar ultraviolet B (UVB) menyebabkan hingga 90% kerusakan pada kulit.

Paparan sinar UV matahari mengakibatkan kulit kehilangan elastisitas yang kemudian menyebabkan kulit kendor, kusam, keriput hingga muncul bintik-bintik tanda penuaan serta perubahan warna yang tidak merata.

Jika terpaksa harus terpapar sinar matahari, wajib gunakan tabir surya dengan kualitas terbaik, minimal produk mempunyai SPF 30 dan pastikan pula tabir surya dapat digunakan untuk pemakaian luas sehingga seluruh bagian tubuh dapat terlindungi dari sinar UVA dan UVB.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Cara hidup sehat secara sederhana yang dapat membuat awet muda adalah dengan mengonsumsi lebih banyak air putih.

Mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap hari akan membuat organ tubuh berfungsi secara optimal.

Selain itu, tetap terhidrasi sepanjang hari juga akan membuat kulit menjadi lebih elastis, lembab, dan tidak kering. Ini tentu akan berdampak terhadap penampilan kulit yang tampak lebih muda dan sehat.

3. Tidur yang Cukup

Cara agar hidup sehat dan awet muda adalah dengan mencukupkan jam tidur. Saat tidur, tubuh akan secara optimal melepaskan hormon untuk mengganti sel serta meremajakan sel.

Peremajaan sel saat tidur akan mengaktifkan zat aktif yang dapat melawan penuaan seperti asam beta hidroksi dan retinoid.

Kedua zat aktif tersebut akan membantu dalam menghilangkan sel kulit mati sekaligus menghapus kerutan pada kulit.

Mulailah untuk mengatur jam istirahat tidur secara konsisten dan jangan pernah kurang ataupun berlebihan.

4. Gunakan Pelembab Kulit

Membasahi kulit dengan air saja tidak cukup, tambahkan upaya perawatan kulit dengan menggunakan pelembab yang tepat.

Penggunaan pelembab kulit akan membuat kulit tetap terhidrasi dan terhindar dari kulit kering. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan lebih kuat terutama dalam melawan iritasi.

Pilihlah produk pelembab kulit yang cocok untuk kulit Anda. Setiap produk pelembab atau krim kulit dapat ditujukan untuk jenis kulit tertentu.

Penting untuk mencari tahu jenis kulit Anda dan mencocokkan dengan pelembab atau krim. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter!

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Makanan sangat berperan terhadap kesehatan tubuh maupun kulit. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi alami dari sayuran ataupun buah-buahan membantu tubuh tetap sehat.

Tidak hanya tubuh, nutrisi serta mineral yang terkandung pada sayuran atau buah-buahan dapat membantu mencegah penuaan pada kulit.

Bahkan sebagian besar jenis sayur maupun buah mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas.

Makanan sehat tidak hanya dapat diperoleh dari sayur dan buah saja, melainkan juga dapat diperoleh dari hewan seperti ikan, daging, atau telur.

6. Tetap Bergerak Aktif

Tetap bergerak aktif tidak hanya diartikan sebagai olahraga saja, melainkan dapat berupa berbagai aktivitas yang membuat tubuh tetap aktif seperti berjalan, menaiki tangga, membersihkan kebun, dan lain sebagainya.

Bergerak aktif khususnya olahraga akan membuat fungsi organ tubuh tetap terlatih secara optimal. Tidak hanya itu saja, manfaat dari bergerak aktif seperti olahraga juga dapat mencegah obesitas atau kegemukan.

Rutin melakukan aktivitas fisik terutama olahraga akan membuat penampilan khususnya kulit menjadi lebih awet muda dan sehat.

7. Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Rokok secara nyata sangat merugikan kesehatan tubuh baik dalam maupun luar khususnya kulit.

Pun begitu dengan minuman beralkohol, sama-sama merugikannya untuk kesehatan.

Cara agar hidup sehat dan awet muda secara sederhana yang terakhir adalah menghindari rokok dan mengurangi minuman beralkohol.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://www.pureluxemedical.com/blog/8-ways-to-maintain-a-youthful-appearance (Diakses 12 Oktober 2021)
https://www.verywellhealth.com/how-to-get-younger-2224080 (Diakses 12 Oktober 2021)
 12 Oktober 2021)
Exit mobile version