Dampak Buruk Rokok Terhadap Kesehatan Jantung

Dampak Buruk Rokok Terhadap Kesehatan Jantung

Dampak Buruk Rokok Terhadap Kesehatan Jantung

Dalam satu batang rokok mengandung setidaknya 7.000 zat kimia dan ketika asap rokok dihirup dapat menyebabkan gangguan pada fungsi organ tubuh khususnya paru-paru dan jantung.

Zat kimia pada rokok dapat “mencemari” darah dari dan menuju jantung serta ke seluruh bagian tubuh. Sehingga yang seharusnya darah kaya akan oksigen malah terganggu oleh zat kimia rokok.

Akibatnya, zat kimia atau racun pada rokok akan terdistribusi ke seluruh tubuh. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan jantung dan pembuluh darah.

Tidak hanya itu saja, kerugian terburuk akibat asap rokok dapat memicu penyakit berbahaya terutama kardiovaskular. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Baca juga: 5 Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Organ Tubuh Manusia

Zat Apa Saja yang Ada di Rokok?

Terdapat ribuan zat kimia berbahaya pada rokok yang sangat merugikan kesehatan tubuh baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut beberapa zat yang ada pada rokok:

Karbon Monoksida

Karbon monoksida merupakan gas beracun yang dapat menganggu darah dalam menganggut oksigan ke jantung. Akibat kondisi ini, jantung akan bekerja lebih keras dan seketika tekanan darah meningkat.

Tar

Tar akan menimbulkan noda pada gigi dan kuku dengan warna kuning atau cokelat. Tidak sekadar warna, tar juga meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti kanker, penyakit paru-paru, hingga penyakit jantung.

Nikotin

Nikotin merupakan zat kimia yang dapat menyebabkan ketergantungan atau adiktif. Selain itu, nikotin juga dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Akibat terjadi peningkatan detak jantung dan tekanan darah maka risiko stroke, serangan jantung, gagal jantung, gagal ginjal, hingga demensia pun dapat terjadi.

Dampak Buruk Rokok Terhadap Kesehatan Jantung

Kerusakan akibat rokok pada organ tubuh seperti paru-paru, jantung, pembuluh darah dan lain sebagainya dapat bersifat permanen. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko kematian.

Berdasarkan data dari American Heart Association, penyakit kardiovaskular menyebabkan sekitar 800.000 kasus kematian per tahun di mana 20 persen di antaranya diakibatkan oleh rokok.

Kerugian terhadap kesehatan jantung akibat rokok tidak hanya terjadi pada perokok aktif saja, melainkan juga pada mereka yang tidak merokok namun terpapar asap rokok (perokok pasif).

Perokok pasif mempunyai peningkatan sebanyak 25 hingga 30 persen risiko terserang penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke dibandingkan mereka yang tidak terpapar asap rokok.

Hubungan Merokok dengan Penyakit Jantung

Disadur dari Johns Hopkins Medicine, berikut fakta mengenai rokok dan penyakit jantung:

Bagaimana Rokok Mempengaruhi Kehatan Jantung dan Pembuluh Darah?

Jantung dan pembuluh darah akan mengalami beragam gangguan yang disebabkan oleh kebiasaan merokok, yaitu:

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://www.fda.gov/tobacco-products/health-effects-tobacco-use/how-smoking-affects-heart-health (Diakses 13 Oktober 2021)
https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/smoking-and-cardiovascular-disease (Diakses 13 Oktober 2021)
https://www.bhf.org.uk/informationsupport/risk-factors/smoking (Diakses 13 Oktober 2021)
Exit mobile version