Daftar Efek Samping Belimbing, Salah Satunya pada Ginjal

Efek samping belimbing

Hati-Hati Efek Samping Belimbing Sangat Berhaya untuk Ginjal

Dibalik rasanya asam, belimbing mengandung beragam nutrisi seperti vitamin C, vitamin B5, serat, protein, folat, kalium, dan kalsium dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas.

Bahkan, buah berbentuk bintang ini digadang-gadang mampu mengatasi penyakit darah tinggi (hipertensi) serta dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Sayangnya dibalik manfaat belimbing tersebut, buah dengan nama latin carambola ini mempunyai efek samping yang berbahaya untuk organ ginjal.

Orang dengan gangguan ginjal sangat tidak direkomendasikan mengonsumsi belimbing manis maupun belimbing wuluh (asam) secara teratur.

Baca juga: Meski Alami, Wajib Waspadai 5 Efek Samping Daun Kelor Berikut Ini

Efek Samping Buah Belimbing

Belimbing mengandung zat beracun yang disebut dengan neurotoxin. Pada orang dengan ginjal yang sehat dapat mengeluarkan zat racun tanpa masalah.

Namun pada orang dengan gangguan ginjal, proses pengeluaran zat beracun yang ada pada belimbing sulit atau bahkan mustahil untuk dikeluarkan.

Mengonsumsi belimbing dalam bentuk apapun baik jus, sayur, salad, maupun dimakan secara langsung tidak disarankan khususnya untuk orang dengan gangguan ginjal.

Selain zat neurotoxin, belimbing juga mengandung tinggi oksalat yang dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti berikut:

Efek samping neurologis setelah mengonsumsi belimbing dapat berupa kebingungan. Pada kasus serius, efek samping belimbing dapat menyebabkan kematian.

Selain itu, mengonsumsi belimbing juga dapat menyebabkan obat resep tidak dapat dipecah atau diserap oleh tubuh secara optimal. Ini sama seperti efek samping jeruk bali.

Konsultasikan dengan dokter apabila Anda mempunyai gangguan pada ginjal maupun saat Anda menggunakan obat resep sebelum mengonsumsi buah belimbing.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STRPerawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
https://www.medicalnewstoday.com/articles/star-fruit (Diakses 9 Oktober 2021)
https://www.kidney.org/atoz/content/why-you-should-avoid-eating-starfruit (Diakses 9 Oktober 2021)
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4683968 (Diakses 9 Oktober 2021)
https://www.healthline.com/nutrition/star-fruit-101 (Diakses 9 Oktober 2021)
Exit mobile version