fbpx

Ketahui Dampak Buruk Mengonsumsi Seafood Secara Berlebihan

thumbnail

Dampak buruk mengonsumsi seafood secara berlebihan untuk kesehatan, secara umum seafood memang mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Akan tetapi, semua nutrisi baik akan menjadi berbahaya jika dikonsumsi dengan kadar yang berlebihan.

Seafood adalah bahan makanan yang berasal dari laut. Seafood adalah bahan makanan yang berasal dari laut. Tidak sedikit orang menyukai hidangan laut ini. Sebab, hidangan laut ini dikenal memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh karena banyak gizi yang terkandung didalamnya.

Namun, siapa sangka kalau makanan laut tersebut mengandung kolestrol yang sangat tinggi, sehingga tidak semua orang dapat menikmati makanan laut tersebut. sebagian orang akan berpikir dua kali jika ingin mengonsumsi makanan tersebut mengingat kandungan kolesterol yang sangat tinggi yang terdapat di beberapa bahan makanan seafood.

Pasalnya, hidangan laut tersebut memang sangat lezat dan nikmat sehingga terkadang beberapa orang tidak menyadarinya bahwa mengonsumsinya secara berlebihan. Nah, perlu diingat ya, mengonsumsi makanan secara berlebihan itu tidak baik,lho. Terlebih lagi seafood mengandung kolesterol yang tinggi.

Meskipun yang dikonsumsi seafood yang dikenal dengan makanan sehat karena kandungannya seperti protein dan nutrisi baik lainnya. Namun, harus diperhatikan, mengonsumsi hidangan laut secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan tubuh, Terlebih lagi seafood mengandung kolesterol yang tinggi yang dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah.

Dampak Buruk Mengonsumsi Seafood Berlebihan

  1. Rentan Terkena Miom, seperti yang kita tahu seafood mengandung tinggi kalesterol, maka dianjurkan untuk tidak mengonsumsi secara berlebihan. Nah, kandungan lemak jenuh tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan sel otot yang ada di dalam rahim tumbuh secara tidak normal sehingga menyebabkan munculnya miom pada rahim.

  2. Terjadinya Penumpukan Lemak, hidangan laut memang meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, artinya jika mengonsumsi secara berlebihan akan mempercepat pertumbuhan lemak di dalam tubuh.
    Salah satu resiko jika terjadi penumpukan lemak dalam tubuh ialah serangan jantung atau infark miokard yang merupakan suatu kondisi yang etrjadi akibat adanya penyumbatan aliran darah ke organ jantung. Penyumbatan arteri biasanya terjadi karena adanya plak yang disebabkan penumpukan lemak dan kalesterol.
  1. Kelebihan Vitamin B12, seafood mengandung vitamin B12. Padahal, vitamin B12 ini sangat bagus bagi tubuh karena sangat berperan penting dalam terbentuknya hemoglobin.
    Namun, jika vitamin B12 terlalu banyak didalam tubuh, maka efeknya akan berpengaruh terhadap sistem kardiovaskular, dimana darah akan dibawa dari dan ke hati. Kondisi paling serius yang dapat terjadi adalah gagal jantung kongestif, perifer thrombosis vascular (terbentuknya gumpang di pembuluh darah) atau terjadinya edema paru dimana pada bagian paru-paru terbentuk kantung udara.
  1. Mengandung Bakteri dan Racun, masih banyak sebagian orang yang mengonsumsi seafood dengan teknik yang salah atau dalam kondisi masakan setengah matang.
    Padahal, mengonsumsi makanan dengan teknik setengah matang bisa menyebabkan bakteri salmonella yang etrdapat dalam hewan laut tetap hidup. Hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh.
  1. Overdosis Zat besi, kandungan zat besi yang ada dalam seafood seperti kerang memang baik untuk tubuh sebagai pembentuk energy seluler dan pengangkut oksigen. Hanya saja, makan kerang terlalu sering dan banyak juga otomatis melebihkan asupan zat besi yang seharusnya dan akan menimbulkan efek samping berupa diare, kerusakan hati, diabetes dan perut sakit.

Selain itu, zat besi yang terlalu banyak menjadi peningkatan resiko penyakit Alzheimer, jenis-jenis penyakit jantung tertentu serta kanker.

Nah, jadi itulah beberapa bahaya jika mengonsumsi seafood secara berlebihan. Supaya dapat menghindari dampak bahaya diatas, maka konsumsilah seafood secukupnya dan agar manfaatnya bekerja dengan optimal bagi kesehatan. Hindari mengonsumsi dengan teknik setengah matang dan pastikan makanan laut tersebut sudah dibersihkan secara higienis.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *