Tips Dan Jenis Makanan Penurun Kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol (merakilane.com)

Berbagai cara dapat kita lakukan, untuk menurunkan kadar kolesterol, yang paling penting adalah dalam mengatur pola makan. Tubuh sebenernya membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel sehat. Berikut makanan penurun kolesterol.

Untuk mengurangi kadar zat jahat dalam tubuh yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol, sehingga rentan terserang penyakit kronis.

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol dengan melakukan perubahan gaya hidup dan pola makan yang baik dan benar untuk mengurangi kadar kolesterol dengan lebih baik lagi.

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Menurunkan kolesterol yang tinggi, dapat dilakukan dengan merubah pola makan dan gaya hidup, seperti.

1. Mengonsumsi makanan kaya serat

Makanan yang kaya akan serat mampu menyerap kolesterol dari dalam tubuh, seperti gandum utuh atau oatmeal, buah- buahan, dan polong-polonga seperti kacag merah, kacang polong, kacang hitam dan kacang lima.

2. Tingkatkan aktivitas fisik

Sebaiknya kita lebih sering beraktifitas fisik karena cara yang terbaik dalam menurunkan kadar kolesterol adalah dengan melakukan aktifitas fisik seperti olahraga.

3. Menurunkan berat badan

Cara ini merupakan cara terbaik untuk menurunkan kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

4. Tingkatkan asupan omega-3

Mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung omega-3 seperti salmon liar atau mengonsumsi suplemen omega-3 dalam bentuk pil minyak ikan terbukti mengurangi kadar kolesterol .

5. Mengurangi kebiasaan tidak sehat

Berhenti dari kebiasaan buruk yang biasa dijalani setiap harinya, seperti minum alkohol, merokok, jarang beraktifitas, sehingga dapat terjadi penumpukan zat jahat yang menganggu kesehatan tubuh kita.

Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat. Hanya saja, kadar kolesterol yang terlampau tinggi justru bisa menyebabkan pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit kronis.

Minuman dan Makanan Penurun Kolesterol

Minuman dan Makanan Penurun Kolesterol (Img: health.harvard.edu)

Menurunkan kolesterol juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai macam makanan yang sehat. Adapun beberapa makanan penurun kolesterol yang sehat antara lain adalah:

1. Sayuran hijau

Antioksidan yang terkandung dalam sayuran hijau mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol, sehingga mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah.

2. Kacang-kacangan

Kacang ternyata dapat membantu menurunkan kolesterol karena kandungan fitosterol di dalamnya mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam darah.

3. Pisang

Kandungan zat inuli pada pisang berguna untuk mengurangi kolesterol dari makanan yang anda konsumsi.

4. Oat

Oat terbuat dari gandum yang mengandung beta glucan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

5. Teh hijau

Teh hijau termasuk salah satu minuman herbal yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Dan juga katekin di teh hijau diketahui mampu mengurangi penyerapan kolesterol.

6. Susu kedelai

Susu kedelai ini dapat dijadikan sebagai minuman penurun kolesterol, karena kandungan isoflavon yang tinggi untuk mempermudah upaya penurunan kolesterol.

Supaya kolesterol dalam tubuh tetap terkontrol, lakukanlah tes kolesterol secara berkala untuk dapat mengetahui batas normal, dan juga dapat melakukan upaya pencegahan secepat mungkin supaya tidak berakibat fatal.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version