Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan (Img: kcet.org)

Buah kesemek merupakan buah yang jarang orang ketahui dan kurang populer di Indonesia. namun, jangan salah. Buah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kesemek merupakan buah asli Tiongkok yang telah ditanam sejak ribuan tahun lalu. Untuk Anda yang belum pernah memakannya, buah ini terasa manis seperti madu.

Kandungan Gizi Buah Kesemek

Dengan mengonsumsi satu buah kesemek, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Berikut kandungan gizi yang ditemukan dalam buah kesemek:

Manfaat Buah Kesemek

Meski berukuran kecil, kesemek memiliki banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan.

1. Antikanker

Kesemek merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang membantu mencegah atau memperlambat kerusakan sel dengan menangkal radikal bebas.

Karotenoid dan katekin di dalam buah ini berperan sebagai agen antikanker yang cukup kuat. Tak hanya dua senyawa itu, kesemek juga mengandung antioksidan lainnya, seperti vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan flavonoid.

2. Mengurangi Peradangan

Kesemek memiliki kandungan senyawa antiradang yang bisa membantu memulihkan peradangan dalam tubuh, karena kandungan berbagai macam antioksida di dalamnya.

Saat mengalami peradangan, tubuh biasanya memproduksi protein C-reaktif dan interleukin-6. Untuk menetralkannya, tubuh memerlukan asupan vitamin C.

Vitamin C mampu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dengan menyumbangkan elektron ke molekul yang tidak stabil. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari kerusakan lanjutan.

Selain itu, kandungan karotenoid, flavonoid, dan vitamin E di dalam buah kesemek juga membantu melawan peradangan di dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kesemek banyak mengandung vitamin A yang membantu untuk melindungi kesehatan mata Anda. Selain itu buah ini juga mampu mencegah kerusakan retina, mencegah katarak, serta memperkuat penglihatan Anda.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kesemek merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Kandungan asam askorbatnya mampu memenuhi 80 persen kebutuhan harian vitamin C harian Anda.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat di dalam buah kesemek bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda serta mencegah sembelit. Buah ini juga tinggi akan tanin sehingga mampu melindungi usus dan mencegah diare.

Bahkan serat juga menjadi salah nutrisi penting untuk Anda yang berniat menurunkan berat badan.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Kesemek mengandung sejumlah besar kalium, mineral yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung.

7. Melawan Penuaan Dini

Buah kesemek mengandung sejumlah vitamin dan antioksidan yang memiliki manfaat unuk mengurangi radikal bebas dan melawan penuaan dini.

Untuk itu, makan kesemek bisa membantu memperlambat penuaan dini, seperti menunda melemahnya otot, munculnya keriput, hingga bintik cokelat di wajah.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version