10 Minuman Kesehatan untuk Lansia, Nomor 7 Wajib Coba!

Minuman kesehatan untuk lansia

10 Minuman Kesehatan untuk Orang Tua atau Lansia, Nomor 7 Wajib Coba. (Img: greatseniorliving.com)

Minuman yang direkomendasikan untuk orang tua atau lansia adalah minuman dengan kandungan nutrisi dan gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan harian. Minuman apa saja itu? Baca artikel ini hingga selesai.

Orang dengan usia lebih dari 65 tahun wajib mengatur jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Perhatikan kandungan, zat dan tekstur makanan atau minuman agar tidak menyebabkan masalah pada kesehatan.

Beberapa jenis masalah kesehatan yang umum terjadi pada lansia mulai dari gangguan pada indera pengecap, kemampuan mengunyah, kesehatan saluran pencernaan hingga beberapa penyakit kronis seperti diabetes, hiperensi, stroke, dan lain sebagainya menjadi alasan utama untuk menyediakan menu makanan khusus lansia.

Selain menyediakan makanan yang dibuat khusus untuk lansia, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis minuman apa saja yang dianjurkan untuk kesehatan lansia.

Baca juga: 7 Buah Terbaik untuk Kesehatan Lansia

10 Minuman Kesehatan Untuk Orang Tua atau Lansia

Berikut daftar buah dan sayur yang dapat dijadikan minuman untuk lansia, yaitu:

1. Jus kale baik untuk mata

Juas kale termasuk asupan cairan yang baik untuk orang lanjut usia, kale adalah salah satu sumber terbaik lutein dan zeaxanthin. Dua nutrisi yang membantu melindungi penglihatan orang tua seiring bertambahnya usia.

2. Jus semangka untuk perlindungan kanker

Selain lezat dan memuaskan dahaga, semangka juga mengandung likopen yang tinggi, nutrisi yang dapat membantu melindungi terhadap kanker payudara dan prostat.

3. Jus peterseli atau parsley untuk gula darah

Peterseli juga merupakan salah satu sumber makanan terkaya dari apigenin, nutrisi yang dapat berperan dalam mengatur gula darah dan mencegah diabetes. Untuk itu, asupan cairan untuk lansia ini baik dikonsumsi.

4. Jus bok choi untuk tulang yang kuat

Bok choi, juga dikenal sebagai kubis Cina, adalah sayuran yang sangat bergizi. Bok choi sangat tinggi kalsium, yang mendukung kesehatan tulang terlebih lagi untuk para lansia.

5. Jus tomat untuk kesehatan kulit

Jus tomat sangat tinggi vitamin C, antioksidan kuat yang mendukung penyerapan zat besi dan meningkatkan kesehatan kulit dan kekebalan tubuh.

Ini juga merupakan sumber likopen, karotenoid, dan antioksidan yang memberi tomat warna merah. Kandungan likopen dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, maka jus tomat ini sangat baik untuk para lanjut usia.

Namun, jangan dikonsumsi secara berlebihan karena mineral ini dapat meningkatkan tekanan darah bila dikonsumsi berlebihan.

6. Jus bit Menurunkan risiko penyakit jantung

Minuman jus ini memiliki kandungan yang baik untuk orang tua. Bit adalah sumber betalain yang bagus, yaitu pigmen yang memberi warna merah pekat pada sayuran. Mereka bertindak sebagai antioksidan kuat, berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung, peradangan, dan jenis kanker tertentu.

Jus bit juga kaya akan nitrat anorganik, yang telah terbukti meningkatkan kinerja atletik dan menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

7. Jus jeruk bali untuk pengencer darah

Jus jeruk bali kaya akan antioksidan penangkal penyakit seperti vitamin C dan senyawa yang dikenal sebagai naringin.

Penting untuk mengetahui bahwa jeruk bali dan jusnya berinteraksi dengan lebih dari 85 obat, termasuk pengencer darah, antidepresan, dan obat kolesterol dan tekanan darah .

8. Jus prune untuk obat sembelit

Jus prune kaya akan vitamin B, yang berperan dalam metabolisme, produksi DNA dan sel darah merah, dan kesehatan kulit dan mata.

Selain itu, ini banyak digunakan sebagai obat untuk sembelit, terutama pada populasi yang lebih tua seperti para orang tua. Kandungan seratnya tampaknya membantu melunakkan tinja dan bertindak sebagai pencahar ringan. Ini juga merupakan sumber antioksidan yang baik, seperti vitamin C dan senyawa fenolik.

9. Jus bayam untuk mencegah anemia

Sayuran satu ini dikenal mempunyai banyak kandungan vitamin dan mineral penting untuk kesehatan khususnya pada lansia. Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K serta mineral penting seperti zat besi, magnesium, potasium, asam folat, sodium, kalium dan potasium baik untuk kesehatan

Pada dasarnya mengkonsumsi jus bayam secara rutin dapat membantu menyehatkan tubuh secara keseluruhan, salah satunya adalah mencegah anemia atau tubuh kekurangan sel darah merah dan hemoglobin berkat zat besi yang ada pada bayam.

10. Jus belimbing untuk memperkuat sistem imun tubuh

Averrhoa carambola atau buah belimbing yang banyak ditemukan di negara tropis ini banyak mengandung vitamin C dan rendah kalori. Mengkonsumsi buah belimbing ukuran sedang sudah cukup untuk memenuhi 52% vitamin C harian.

Tidak hanya vitamin, buah belimbing juga mengandung mineral seperti zat besi, mangan, potasium, magnesium, zinc membantu memperkuat sistem imun tubuh sekaligus berfungsi sebagai detok tubuh dari racun.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Atau cari artikel menarik lainnya

[wpdreams_ajaxsearchlite]

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:
https://aparadiseforparents.com/juicing-for-seniors
https://www.thelifepilot.com/diet/juicing-for-seniors.html
Exit mobile version