Kenali Penyebab Telinga Mendengung dan Cara Mengatasinya

telinga mendengung

Pernakah telinga Anda mendengung? Ketika telinga mendengung pasti Anda akan merasa terganggu saat melakukan aktivitas. Maka dari itu, ketahuilah penyebab dan cara mengatasinya.

Telinga mendengung atau secara medis disebut tinnitus terjadi ketika terdengar suara-suara abnormal yang berasal dari dalam telinga, dan terdengar seperti berdengung, siulan, atau suara bising mesin.

Kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya atau bertahan lama. Kondisi ini bisa menyebabkan menggangu konsentrasi, sulit tidur bahkan hingga depresi.

Baca juga: Trauma Akustik: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan

Penyebab Kuping Berdengung

Berikut adalah penyebab-penyebabnya:

1. Paparan lama terhadap suara kencang

Paparan suara kencang secara terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan pada organ telinga dalam. Suara yang sangat kencang, meskipun hanya terjadi sekali, tetapi juga dapat mengakibatkan telinga berdengung. Misalnya, suara ledakan bom, volume speaker yang melebihi batas.

2. Penyumbatan akibat kotoran dalam telinga

Kondisi ini terjadi karena sumbatan kotoran telinga yang menyebabkan iritasi pada gendang telinga, sehingga memungkinkan menimbulkan telinga berdengung. Oleh karena itu, disarankan untuk rutin membersihkan telinga.

3. Infeksi telinga

Infeksi telinga bagian tengah atau secara medis disebut otitis media juga dapat menjadi penyebab kondisi ini. Setelah infeksi sembuh, biasanya kondisi kuping berdengung juga akan hilang. Agar infeksi telinga dapat diatasi dengan baik, sebaiknya Anda perlu mendapatkan penangan yang tepat dari dokter.

4. Kehilangan pendengaran karena usia lanjut

Kondisi ini dikenal dengan presbikus, yaitu kepekaan saraf pendengaran yang berkurang seiring bertambahnya usia. Biasanya kondisi ini mulai terjadi pada usia 60 tahun, gejalanya berupa menurunnya kemampuan pendengaran yang disertai kuping berdengung.

5. Menderita penyakit tertentu

Beberapa gangguan kesehatan juga dapat menimbulkan kuping berdengung, di antaranya adalah pembuluh darah, tumor jinak pada saraf pendengaran, gangguan tulang pendengaran, tekanan darah tinggi, penyakit meniere, gangguan pada leher atau rahang, serta cedera kepala atau leher.

Cara Mengatasi Telinga Berdengung

Setelah mengetahui penyebab kuping berdengung, berikut beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Menghindari suara terlalu keras

Hindari dan jauhi sumber suara yang terlalu keras. Kemudian mengenakan pelindung telinga saat beraktibitas di dekat sumber suara yang keras seperti di studio, konser musik, atau lokasi konstruksi bangunan.

2. Rajin membersihkan telinga

Rajinlah untuk membersihkan telinga agar tidak menyebabkan tersumbatnya kotoran. Tapi lakukan dengan baik dan benar serta secukupnya saja, karena organ ini mampu memproduksi minyak untuk membersihkannya sendiri.

3. Mengonsumsi makanan dan minuman sehat

Jika mengalami gangguan pada telinga, disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung omega 3, vitamin D, asam folat, magnesium serta vitamin C dan vitamin D.

Itu dia penyebab dan cara mengatasi kuping berdengung. Jika, Anda telah melakukan beberapa cara di atas namun kondisinya masih sama atau bertambah buruk, sebaiknya segera periksa ke dokter spesialis THT.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Atau cari artikel terkait menarik lainnya di kolom pencarian di bawah

[wpdreams_ajaxsearchlite]

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version