Perbedaan Hantavirus Dengan Coronavirus

thumbnail

Di tengah ramainya wabah penyebaran virus corona di berbagai belahan dunia yang belum usai, namun kini dunia kembali dihebohkan dengan munculnya sebuah virus baru yaitu Hantavirus. Berikut Perbedaan Hantavirus Dengan Coronavirus.

Virus corona atau COVID-19 saat ini masih menjadi pandemi dunia. Sudah lebih dari 150 negara telah terjangkit virus ini. Kini, muncul virus lainnya yang tidak kalah membahayakan.

Negara ‘Tirai Bambu’ China, kembali menghebohkan dunia dengan munculnya virus baru tersebut. virus baru yang muncul di China, Hantavirus dengan virus Corona memiliki perbedaan dan persamaan. Perbedaan yang sangat mendasar antara kedua virus tersebut terletak pada mekanisme penyebaran.

Baru-baru ini beredar kabar bahwa telah ditemukannya Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS). Hantavirus ialah penyakit pernapasan yang parah dan dapat berakibat fatal pada manusia. Dan dinyatakan bahwa virus ini dibawa oleh tikus.

Lantas, apa itu Hantavirus dan apa bedanya dengan Coronavirus?

Perbedaan Hantavirus Dengan Coronavirus

Kasus terbaru Hantavirus ditemukan di China pada Senin (23/3/2020). Seorang pria asal China dinyatakan meninggal dunia setelag diketahui mengidap virus tersebut.

Nyatanya Hantavirus ini bukanlah virus baru, virus ini pertama kali muncul pada 1950 di perang antara Korea dan Amerika Serikat (sungai Hantan). Ini disebarkan oleh tikus dan menyebar kalau manusia menelan cairan tersebut. virus tersebut dapat ditemukan di seluruh dunia, virus ini tersebar luas di Asia Timur terutama China, Rusia dan Korea.

Virus tersebut dianggap lebih berbahaya dari Virus Corona, kini Hantavirus ramai diperbincangan sama halnya coronavirus penyebab Covid-19. Dikabarkan sama-sama menyerang organ pernapasan, meski begitu kedua virus tersebut memiliki perbedaan yang lainnya. Berikut penjelasannya :

  • Hantavirus, dari segi penularannya berbeda dengan coronavirus. Virus ini tidak menular antar manusia. Orang-orang yang terkena urine, tinja, gigitan, air liur hingga udara yang terkontaminasi tikus dapat tertular virus ini.

Penularan juga terjadi ketika bahan yang terkontaminasi masuk ke kulit yang rusak atau mungkin tertelan dalam makanan atau air yang terkontaminasi.

Sedangkan, Coronavirus dapat menular dari manusia ke manusia. Virus ini dapat menular melalui cairan pernapasan ketika seseorang yang sudah terinfeksi batuk dan bersin.

Virus ini menular antar orang yang berinteraksi dekat satu sama lain, sehingga cairan pernapasan tersebut bisa menempel di mulut atau hidung orang-orang yang berada di dekatnya atau bisa juga terhirup ke dalam paru-paru.

  • Hantavirus, dari segi gejalanya rata-rata ialah 2 hingga 4 minggu. Penyakit ini sangatlah serius karena sekitar 40% orang yang menderita penyakit ini meninggal. Penyakit ini dimulai sebagai penyakit seperti flu.

Pada tahap awal, akan mengalami demam, kedinginan, sakit otot, sakit kepala, mual, muntah dan sesak napas serta detak jantung yang cepat dan masalah pencernaan. Namun, penyakit ini sangat berkembang pesat dan orang yang terinfeksi mengalami penurunan tekanan darah yang tidak normal dan paru-paru mereka akan terisi cairan.

Kegagalan pernafasan yang parah dan mengakibatkan kematian. Dapat terjadi dalam beberapa hari setelah gejala tahap awal.

Sedangkan, Coronavirus infeksi virus corona atay COVID-19 bisa menyebabkan penderita mengalami gejala flu, sepeti demam, pilek, batuk, sakit tenggorokan dan skait kepala atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat. Seperti demam tinggi, batuk berdahak nahkan berdarah, sesak nafas dan nyeri dada.

Nah, jadi itulah beberapa perbedaan antara Hantavirus dengan pandemi Coronavirus. Jika anda sudah merasakan beberapa gejala diatas, maka segera konsultasikan ke dokter. Dan jika anda berada di dekat orang yang memiliki gejala diatas maka hindarilah agar tidak terjadinya penularan.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *