Hati-Hati, Berikut 5 Buah-Buahan Penyebab Diabetes

Buah-buahan penyebab diabetes

Hati-Hati, Berikut 5 Buah-Buahan Penyebab Diabetes. (Img: apollosugar.com)

Penderita diabetes harus berhati-hati dalam memilih makanan, terutama yang mengandung tinggi kalori, gula dan lemak. Selain itu, beberapa jenis buah yang kerap dianggap menyehatkan justru berbahaya bagi penderita diabetes.

Tidak semua buah boleh dikonsumsi oleh penderita atau orang dengan risiko diabetes. Hal ini karena beberapa jenis buah mengandung tinggi akan kalori, gula dan karbohidrat.

Namun bukan berarti penderita atau orang yang berisiko diabetes tidak boleh mengonsumsi buah sama sekali. Mengonsumsi buah yang dilarang untuk penderita diabetes ini juga tetap mempunyai vitamin, mineral dan kandungan lainnya.

Konsumsilah buah-buahan secukupnya saja agar tidak menyebabkan masalah kesehatan, terutama bagi penderita diabetes. Berikut 5 buah yang dilarang untuk penderita diabetes.

Baca juga: 5 Buah Ini Bisa Jadi Obat Diabetes Yang Ampuh Turunkan Gula Darah

Buah Yang Sebaiknya Dikurangi untuk Penderita Diabetes

Konsultasikan kepada dokter atau ahli gizi untuk mengetahui menu dan porsi makanan yang sesuai dengan kondisi kesehatan saat ini.

1. Nanas

Buah nanas ternyata mengandung tinggi kadar gula, setidaknya sebanyak 16 gram gula pada satu cangkir nanah.

Sebaiknya kurangi mengonsumsi buah nanah, jika ingin lebih aman maka tambahkan yogurt tanpa gula dan lemak agar rasa semakin nikmat.

2. Cranberry Kering

Mungkin terdengar asing bagi sebagian orang dengan nama buah cranberry ini. Buah yang berasal dari golongan berry ini berasal dari Amerika bagian utara.

Meski mempunyai kandungan nutrisi dan rendah kalori namun akan berbeda cerita jika buah ini dikeringkan dan ditambah dengan pemanis. Sebaiknya konsumsi buah ini dalam keadaan segar untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

3. Kismis

Buah kismis umumnya dibuat menjadi kering dan mempunyai rasa yang manis, namun dibalik rasanya yang manis ini ternyata mengandung hingga 115 gram karbohidrat dalam secangkir kismis.

4. Mangga

Buah mangga banyak ditemukan dan dibudidayakan di wilayah tropis seperti Indonesia. Rasanya yang lezat, legit dan manis dari buah mangga ternyata tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Pasalnya dalam beberapa potong mangga segar mengandung hingga 23 gram gula. Tentu hal ini wajib diwaspadai oleh penderita penyakit kencing manis atau diabetes.

5. Kiwi

Buah ini agaknya sedang naik daun karena kerap ditambahkan pada menu jajanan salad buah. Dalam keadaan segar, buah kiwi ternyata telah mengandung gula sekitar 16 gram.

Ditambah lagi jika kiwi telah dicampur dengan salat buah. Sebaiknya hindari mengonsumsi salad buah atau buah kiwi dalam menu makan harian.

6. Anggur

Buah anggur terdiri dari beberapa buah dalam setangkainya, mengonsumsi buah ini kurang jika hanya makan satu buah saja. Bagi penderita diabetes, harap diketahui jika dalam 1 buah anggur terdapat sekitar 1 gram karbohidrat.

Jika dalam makan sebanyak 20 buah anggur maka telah mengonsumsi sebanyak 20 gram karbohidrat. Sebaiknya batasi mengonsumsi buah anggur dalam sehari tidak lebih dari 15 buah.

7. Jus Buah

Beberapa jenis buah di atas tanpa dibuah jus saja sudah sangat tidak dianjurkan apa bila dikonsumsi terlalu banyak, apa lagi dibuat menjadi jus buah.

Meski dalam pembuatannya, jus buah tidak dicampur dengan gula namun tetap saja dapat menaikkan kadar gula darah.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Exit mobile version