Hernia Inguinalis: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan

Penyakit Hernia inguinalis

Hernia Inguinalis: Gejala, Penyebab, Pengobatan, dan Pencegahan. (Img: medicalnewstoday.com)

Hernia inguinalis adalah salah satu jenis hernia dengan kondisi organ atau jaringan di dalam perut menonjol hingga ke selangkangan (inguinal).

Akibatnya, penderita akan kerap mengalami rasa sakit atau nyeri saat mengangkat beban berat, batuk, atau sekadar membungkuk.

Bagian organ atau jaringan dapat berbahaya dan berisiko menimbulkan komplikasi yang mengancam jiwa. Dibutuhkan perawatan dan penanganan serius secara medis.

Pada kasus ringan, hernia inguinalis hanya akan menyebabkan organ atau jaringan menonjol saat mengalami tekanan dan dapat hilang dengan sendirinya.

Meskipun demikian, penting untuk memeriksakan diri ke dokter khususnya ketika gejala yang dirasakan sudah sangat mengganggu.

Baca juga: 5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Wajib Diwaspadai

Gejala Hernia Inguinalis

Waspadai beberapa keluhan yang kerap dirasakan oleh penderita hernia inguinalis agar bisa segera mendapatkan pertolongan. Secara umum, berikut ciri-ciri hernia inguinalis:

Gejala hernia lainnya juga dapat berupa rasa mual, ingin muntah, demam, rasa sakit yang tidak tertahankan, dan menyebabkan ketidakmampuan untuk buang air besar atau sekadar buang angin.

Kapan Harus ke Dokter?

Jangan pernah menunda atau mengobati secara mandiri tanpa keterlibatan dari tenaga kesehatan seperti dokter.

Tonjolan hernia yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi lebih buruk dengan tanda-tanda benjolan berubah warna menjadi merah, ungu, atau kulit lebih gelap.

Sesaat setelah menyadari ada indikasi hernia seperti adanya tonjolan pada selangkangan yang dibarengi dengan gejala sakit, nyeri, dan panas maka wajib untuk memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab Hernia Inguinalis

Banyak faktor penyebab hernia inguinalis, baik pada pria, wanita, dewasa, atau anak-anak, di antaranya:

Kebanyakan kasus, pria lebih berisiko menderita hernia inguinalis baik ketika masih bayi, anak-anak, remaja, hingga dewasa dibandingkan dengan wanita.

Komplikasi Hernia Inguinalis

Penanganan dan perawatan yang cepat serta tepat dapat mengurangi risiko berbahaya seperti kompliksi. Adapun beberapa komplikasi akibat hernia inguinalis adalah:

Pembesaran hernia perkembang secara perlahan dan kerap tidak disadari oleh penderitanya. Ketika hernia sudah membesar maka akan memengaruhi organ atau jaringan yang terkena.

Pengobatan Hernia Inguinalis

Hernia yang masih kecil dan tidak terlalu menyebabkan masalah atau kenyamanan, dokter dapat memberikan rekomendasi kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk mencegah hernia berkembang lebih besar.

Jika hernia telah menyebabkan masalah maka tindakan operasi dapat dipertimbangkan. Terdapat dua jenis operasi hernia, yaitu:

1. Operasi Hernia Terbuka

Prosedur operasi dapat dilakukan dengan memberikan bius lokal dan sedasi atau anestesi umum.

Dokter akan membuat sayatan di area selangkangan untuk mendorong benjolan kembali ke tempatnya.

Ketika proses operasi berhasil dan selesai, pasien akan dituntu untuk segera bergerak. Meski begitu, bukan berarti pasien dibiarkan bergerak bebas.

Pasca operasi, pasien hernia juga baru bisa melakukan aktivitas seperti biasa setelah beberapa minggu.

2. Operasi Hernia Laporoskopi

Tindakan prosedur operasi hernia laporoskopi akan melibatkan pembiusan dan pembedahan pada bagian perut.

Selain itu, penggunaan gas juga diperlukan untuk membuat perut terisi dengan angin sehingga perut menjadi lebih menggembung dan organ dalamnya mudah dilihat.

Dokter akan menggunakan kamera kecil (laporoskop) untuk dimasukkan ke dalam perut melalui sayatan yang telah dibuat.

Sayatan lain perlu dilakukan untuk mengatasi hernia menggunakan jaring sintetis. Orang yang menjalani operasi hernia laporoskopi akan pulih dengan cepat namun risikonya dapat kembali kambuh di kemudian hari.

Pencegahan Hernia Inguinalis

Sebagian besar kasus hernia sulit untuk dicegah, meski demikian bukan berarti tidak bisa dikelola. Beberapa cara untuk menurunkan risiko hernia inguinalis ini dapat dilakukan:

Satu hal lagi, berhenti merokok tembakau karena rokok dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti batuk kronis yang dapat bisa memicu hernia inguinalis.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini

Referensi:
(Diakses 1 Desember 2020)

Exit mobile version