Macam Olahraga untuk Lansia, Manfaat dan Jenisnya

Macam Olahraga untuk Lansia

Macam Olahraga untuk Lansia (Img: agingcare.com)

Tubuh pada usia 50 atau 60 tahun tidak sama dengan yang berusia 20 tahun. Aktifitas yang dilakukan juga tidak bisa sama. Olahraga merupakan kunci untuk mendapatkan kualitas hidup yang baik seiring dengan bertambahnya usia.

Tubuh dapat kehilangan masa otot ketika bertambah tua dan olahraga dapat membantu untuk membentuk kembali. Otot dapat membakar lebih banyak kalori daripada lemak, bahkan ketika tubuh beristirahat (saat proses metabolisme tubuh melemah).

Kondisi fisik yang sudah menurun tidak menghalangi para lansia untuk berolahraga. Banyak manfaat yang akan didapat dari berolahraga, seperti dapat menurunkan risiko penyakit jantung korener, hipertensi, hingga stroke.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, lansia harus memperhatikan juga intensitas lamanya berolahraga. Olahraga perlu dilakukan secara rutin.

Olahraga dapat membantu menghentikan, menunda, dan memperbaiki penyakit serius seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, penyakit alzheimer, arthritis, dan osteoporosis. Olahraga dapat membantu otak untuk tetap tajam dan mencegah terjadinya pikun.

Jenis olahraga yang dilakukan pada orang tua berbeda dengan orang yang masih muda. Olahraga kardio atau aerobik dapat menyebabkan detak jantung meningkat dan nafas menjadi cepat, dimana dapat membangun daya tahan tubuh dan membakar kalori. Olahraga mengangkat beban dapat membantu membentuk otot.

Melakukan senam dapat  membantu tubuh menjadi lentur sehingga lebih lentur bergerak dan mencegah terjadinya cedera. Latihan keseimbangan setelah usia 50 tahun menjadi penting untuk mencegah jatuh dan tetap aktif.

Waktu dan Durasi Olahraga untuk Lansia

Secara umum, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan waktu olahraga untuk lansia sebagai berikut.

Aktivitas fisik intensitas sedang artinya cukup intens untuk membuat jantung Anda berdebar lebih cepat dan berkeringat lebih banyak dibanding ketika melakukan aktivitas biasa.

Manfaat Olahraga untuk Lansia

Berikut beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh lansia jika berolahraga:

Jenis Olahraga untuk Lansia

Jenis olahraga untuk lansia idealnya terdiri dari olahraga kardio, olahraga untuk melatih keseimbangan tubuh, dan latihan ketahanan otot. Contoh olahraga kardio yang umum:

Anda harus tetap bisa mengukur kemampuan tubuh Anda saat berolahraga. Jika masih ragu, konsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui batasan-batasan yang aman bagi diri sendiri. Terlebih jika Anda memiliki kondisi atau penyakit tertentu.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version