fbpx

Mitos Dan Fakta Tentang Lansia

thumbnail

Mitos Dan Fakta Tentang Lansia – Orang yang mencapai tahap perjalanan hidup sampai mencapai lanjut usia dapat dikatakan sebagai orang yang beruntung. Mereka telah mengenyam kehidupan dalam masa yang panjang.

Di Indonesia pemerintah dan lembaga-lembaga pengelola lansia, memberi patokan bahwa mereka yang disebut lansia adalah yang telah mencapai usia 60 tahun yang dinyatakan dengan pemberian KTP seumur hidup.

Namun di negara maju diberi patokan yang lebih spesifik: 65 – 75 tahun disebut old, 76 – 90 tahun disebut old — old dan 90 tahun ke atas disebut very old (W.M.Roan, 1990). Pengelompokan tersebut bersifat teoritik artinya untuk kepentingan ilmiah namun dalam kenyataan untuk pelayanan kesehatan, sosial dan sebagainya tidak dibedakan.

Meskipun lansia seringkali mendapat prioritas dan fasilitas; misalnya kalau naik pesawat dapat potongan khusus, beberapa tempat wisata memberi karcis gratis bagi pengunjung lansia, di bandara atau stasiun Kereta Api disediakan loket/jalan khusus bagi lansia, hal itu bukan dimaksudkan untuk membedakan lansia dengan orang lain tetapi lebih bertujuan untuk membantu kelancaran pelayanan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan mereka.

Mitos Dan Fakta Tentang Lansia

Mitos pada lansia :

  1. Mitos kedamaian dan ketenangan

Pada usia lanjut, lansia dapat santai sambil menikmati hasil kerja dan jerih payahnya pada usia muda. Badai dan berbagai cobaan kehidupan seakan-akan sudah dilewati.Kenyataannya malah sebaliknya, lansia penuh dengan stres, kemiskinan, berbagai keluhan,dan penderitaan karena penyakit.

  1. . Mitos konservatif dan kemunduran pandangan

Usia lanjut pada umumnya bersifat konservatif, tidak kreatif, menolak inovasi, berorientasi ke masa silam, ketinggalan zaman, merindukan masa lalu, kembali ke masaanak-anak, sulit berubah, keras kepala, dan bawel. Kenyataannya tidak semua lansia bersifatdan berperilaku demikian. Sebagian tetap segar, berpandangan ke depan, inovatif, sertakreatif.

  1. Mitos berpenyakitan

Lansia dipandang sebagai masa degeneratif biologis yang disertai oleh berbagai penderitaan akibat berbagai proses penyakit. Kenyataannya memang proses penuaan disertaidengan menurunnya daya tahan tubuh serta metabolisme, sehingga rawan terhadap penyakit,tetapi masa sekarang banyak penyakit yang dapat dikontrol dan diobati.

  1. Mitos senilitas

Usia lanjut dipandang sebagai masa demensia (pikun) yang disebabkan oleh kerusakan bagian tertentu dari otak. Kenyataannya tidak semua lansi

Fakta – fakta tentang lansia :

  1. Setiap individu – baik yang sudah tua atau yang masih muda – memiliki pemikiran dan perasaan uniknya masing-masing. Tak heran, bila ada asumsi bahwa lansia memiliki  cara pandang atau berpikir ‘kuno’. Cobalah Anda luangkan waktu untuk mengobrol atau berbicara dengan para lansia tentang pemikiran mereka tentang dunia atau tentang pengalaman masa lalunya sendiri.

  2. Tidak setiap orang lanjut usia mengalami masalaah kehilangan ingatan seperti demensia atau alzheimer. Menurut Psychology Today, hanya 6 hingga 8 persen orang di atas usia 65 yang telah didiagnosis menderita demensia.

  3. Meskipun benar bahwa genetika memainkan peran tertentu dalam tubuh dan kesehatan setiap orang, kesehatan dan kesejahteraan sebagian besar berada di tangan masing-masing individu. Konsumsi makan dengan benar/bergizi, berolahraga cukup dan istirahat, berkontribusi pada penuaan yang sehat.

  4. Sebagian lansia sebenarnya menikmati perubahan dan sensasinya. Sementara yang lain mungkin lebih khawatir tentang adanya perubahan. Namun, ini bukan masalah yang berkaitan dengan usia. Orang lanjut usia pernah menghadapi banyak tantangan dan situasi perubahan pada saat mereka mencapai usia tertentu.

  5. Orang lanjut usia yang terus mengasah otak, melatih tubuh mereka dan ‘memberi makan jiwa’ mereka dengan agama dan spiritualitas memiliki kompetensi yang baik. Bahkan, ketika mereka menua dan mengalami proses kehilangan ingatan atau demensia, banyak orang tua memiliki kemampuan untuk memahami, bisa membuat keputusan yang rasional dan dapat menikmati hidup.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *