fbpx

Manfaat Cabe Rawit Untuk Kesehatan

thumbnail

Manfaat cabe rawit untuk kesehatan sangat baik, meskipun terlihat pedas namun banyak manfaat yang diberikan oleh bahan masakan tersebut,lho.

Sebagian besar masyarakat yang hidup di asia tropis, sudah tidak asing lagi dengan masakan atau racikan pedas. Salah satu jenis racikan pedas itu ialah berbahan cabai serta cabai yangs erring dimanfaatkan oleh masyarakat adalah cabai rawit.

Cabai rawit atau Capsicum frutesicum merupakan salah satu tanaman yang etrmasuk kedalam jenis sayuran, tanaman inis erring digunakan untuk masakan agar masakan memiliki cita rasa yang beragam dengan keberadaanya cabai rawit tersebut.

Selain itu, cabai rawit ini memiliki kandungan capsaicin. Sifat-sifat ayng diberikan oleh zat capsaicin pada cabai rawit adalah anti inflamasi, anti alergi, anti jamu dan anti iritasi.

Nah, meskipun cabai ini sering dihubungkan dengan gangguan pencernaan, namun ternyata siapa sangka kalau cabai memiliki manfaat yang sangat berguna bagi tubuh. apa saja ya ?

Kandungan Nutrisi Pada Cabai Rawit

Cabai mengandung banyak vitamin dan mineral 100g, cabai rawit menyumbangkan kebutuhan asupan gizi harian atau nutrisi yang direkomendasikan seperti vitamin C 24% sebagai antioksidan yang baik untuk menguatkan imun tubuh, vitamin B6 39% memiliki peran penting dalam metabolism tubuh.

Selain itu cabe rawit juga mengandung capsaicin yang ebrfungsi untuk memberikan rasa panas, diduga memberikan berbagai efek kesehatan untuk tubuh, seperti dapat menangani berbagai penyakit.

Tidak hanya itu, vitamin A sebanyak 32%, vitamin E 4,5%, vitamin K6 11,5% yang berpengaruh pada pembekuan dan kesehatan tulang serta ginjal. Dan juga mengandung zat besi. Kalium, serta tembaga.

Selain nutrisi diatas, cabai rawit juga ternyata memberikan beberapa mineral penting seperti magnesium, mangan, fosfor, selenium dan zinx serta beberapa fitonutrisi seperti betakaroten, alfakaroten, zea xanthin, lutein dan betakriptosantin.

Manfaat Cabe Rawit untuk kesehatan

  • Mencegah Berbagai Macam Penyakit Kronis, cabai rawit memiliki manfata sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit kronis. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan alami daric r yang memiliki kandungan antioksidan dan anti bakteri yang sangat tinggi. maka dapat mencegah berbagai macam penyakit kronis.

  • Pereda Demam Tinggi, tidak disangka cabai rawit dapat menurunkan demam dibandingkan dengan pengobatan konvensional, mengatasi demam tinggi dengan cabe merupakan solusi alternative yang mudah, murah dan cepat. Tapi yang digunakan bukan buah cabenya tapi daunnya.

  • Anti Kanker, kerja cabai rawit dalam masalah kanker ini yaitu dengan cara menghilangkan sel aknekr yang ada dalam tubuh, tetapi proses ini tidak merusak sel normal yang ada pada tubuh. kandungan yang ada dalam cabai rawit yang menangani penghilangan sel kanker adalah capsaicin, namun tidak dianjurkan pula dengan mengonsumsinya secara berlebihan.

  • Menjaga daya tahan tubuh, cabe rawit memiliki berbagai nutrisi yangs angat baik untuk kesehatan tubuh, tidak terkecuali adanya vitamin C. dimana vitamin ini berfungsi dalam emlindungi tubuh dai berbagai penyakit. Oleh karena itu, kekebalan tubuh manusia dapat etrjaga agar tidak mudah terserang berbagai penyakit.

  • Sebagai Antibiotik, cabe rawit mengandung senyawa antioksidan.s elain itu, cabe ini juga memiliki kandungan fito-kimia, antara lain solamine, solamidine, steoid saponin, solasomine dan solamargine. Kandungan saponin inilah yang berkhasiat sebagai antibiotik.

Jadi, itulah beberapa manfaat cabai rawit untuk eksehatan, meskipun memiliki manfaat yang baik namun dalam mengonsumsi cabai rawit harus diperhatikan.

Mengonsumsi secara berlebihan sangat tidak disarankan, sebab kandungan capsaicin dalam cabai rawit meyebabkan iritasi parah jika dimakan secara berlebihan yang disertai sensasi rasa panas pada mulut, lidah dan tenggorokan serta juga bisa menyebabkan sakit perut sehingga menjadi gangguan pada pencernaan.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *