Cara Menambah Nafsu Makan Lansia

Cara Menambah Nafsu Makan Lansia

Cara Menambah Nafsu Makan Lansia (Img: everydayhealth.com)

Saat memasuki masa lansia, pastinya tubuh akan mengalami perubahan signifikan. Salah satunya adalah nafsu makan yang menurun. Hal tersebut tentu tidak baik dikarenakan dapat menggangu kesehatan tubuh. Lalu, bagaimana cara menambah nafsu makan lansia?

Penurunan selera makan terhadap lansia disebabkan karena metabolisme mereka jadi melambat.

Padahal, setiap orang membutuhkan nutrisi-nutrisi yang tepat, berapapun umurnya dari bayi hingga lansia. Karena nutrisi tersebut sangat penting bagi tubuh manusia sehingga mau tidak mau kita harus mengisinya ke dalam tubuh kita, bahkan pada saat masa lansia sekalipun.

Ada beberapa faktor mengapa penurunan selera makan terjadi pada saat lansia. Faktor-faktor tersebut seperti penurunan fungsi dari indra penciuman, perasa serta penglihat. Selain itu, efek-efek obat yang sering dikonsumsi setiap hari, sembelit atau gangguan kesehatan pada mulut juga menjadi salah satu faktor menurunnya selera makan mereka.

Penyebab Lansia Kehilangan Nafsu Makan

Berikut beberapa penyebab menurunnya nafsu makan pada lansia:

1. Menu Makanan Tidak Cocok

Kurangnya kepedulian dari anak atau perawat bisa menjadi salah satu alasan lansia kehilangan nafsu makan. Harus diperhatikan menu makanan bagi lansia, dan harus disesuaikan dengan kondisi gigi dan pencernaan lansia.

Bisa jadi karena makanan terlalu manis, keras, atau terlampau pedas, sehingga lansia kehilangan selera makan. Atau bisa juga karena mereka ingin ditemani saat makan.

Kita harus bisa mengidentifikasi masalah-masalah tersebut untuk mengindari terjadinya malnutrisi pada lansia.

2. Penggunaan Obat Tertentu

Lansia pada umumnya mengonsumsi obat-obatan karena masalah kesehatan yang sedang diderita. Obat ini sering mempengaruhi indera perasa dan penciuman lansia sehingga dapat mengurangi nafsu makan. Bahkan ada beberapa jenis obat yang menyebabkan mual.

3. Penyakit Kronis

Penyakit kronis pada lansia dapat mengurangi dan memperburuk nafsu makan karena menimbulkan rasa nyeri.

4. Gangguan Kesehatan di Usia Tua

Kondisi gigi yang sudah mulai goyah dan memburuk sehingga tidak bisa mengunyah makanan yang keras dapat menurunkan nafsu makan lansia.

Kondisi pencernaan juga berpengaruh karena fungsi usus dan lambung melemah seiring bertambahnya usia.

Bahaya Lansia Kekurangan Gizi

Bahaya Lansia Kekurangan Gizi (Img: mcknightsseniorliving.com)

Kekurangan asupan gizi dapat menyebabkan beberapa penyakit, jika dibiarkan bisa menyebabkan koma hingga kematian. Berikut beberapa bahayanya:

Cara Menambah Nafsu Makan Lansia

Hal tersebut tentu sangat tidak baik bagi kondisi tubuh pada saat lansia apabila berkurangnya nafsu makan.

Berikut beberapa cara untuk menambah nafsu makan pada lansia:

1. Vitamin Untuk Lansia Susah Makan

Memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan lansia amatlah sangat penting. Ketika lansia mendapatkan cukup nutrisi yang didapat dari vitamin maka akan membantu sistem imunnya terjaga.

Pemberian vitamin kepada lansia tentu dapat menggugah nafsu makannya. Pemberian vitamin yang tepat dengan memperhatikan kandungannya seperti vitamin B9, B1, Zinc atau vitamin K dapat mempengaruhi nafsu makan lansia.

2. Susu Penambah Nafsu Makan

Pemberian susu kepada lansia pada umumnya tidak dapat mengubah nafsu makan menjadi bagus, namun dengan pemberian susu yang tepat dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang tidak didapatkan dari makanan.

Terdapat berbagai jenis susu khusus lansia yang dapat Anda pilih sebagai pengganti makanan untuk mendapatkan kandungan yang seimbang seperti protein, karbohidrat, lemak dan lain sebagainya.

3. Obat Herbal Penambah Nafsu Makan

Pemberian obat untuk menambah nafsu makan pada lansia dapat dilakukan sebagai solusi alternatifnya.

Pemberian minyak ikan yang mengandung kaya akan omega-3 dapat membantu menambah nafsu makan sekaligus mengurangi rasa penuh pada lambung.

Tambahkan obat alami seperti ekstrak temu lawak yang telah dipercaya sejak lama sebagai obat herbal untuk meningkatkan nafsu makan lansia. Selain itu juga ekstrak temu lawak dapat menjaga kesehatan pada pencernaan lansia.

Itu dia faktor mengapa penurunan selera makan terjadi pada saat lansia dan cara menambah nafsu makan lansia.

MHomecare adalah perusahaan layanan kesehatan home care satu-satu di Indonesia yang menjamin 100% seluruh tenaga kesehatan adalah perawat. Tersedia layanan home care utama seperti Perawat Lulusan S1 + STR, Perawat Pendamping Lansia serta Bidan atau Perawat Bayi. Dapatkan penawaran menarik khusus pembaca artikel ini, pesan sekarang!

Baca juga:

Pesan Perawat Home Care Profesional Tersedia 24 Jam/7 Hari

PERAWAT MEDIS, PERAWAT LANSIA, dan BIDAN

Dapatkan promo bebas biaya admin dan transportasi khusus pemesanan hari ini


Referensi:

Exit mobile version