fbpx

Tips Merawat Lansia Ditengah Pandemi Covid-19

thumbnail

Merawat lansia ditengah pandemi Covid-19 sekarang ini sangatlah penting untuk dilakukan, terlebih mereka yang sudah berusia lebih dari 60 tahun.

Lansia termasuk kelompok yang rentan tertular virus Corona karena di usia tersebut terjadi  penurunan produksi hormon dan fungsi organ-organ tubuh. Bahkan lansia yang telah memiliki penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes dan kanker lebih rentan tertular karena kekebalan tubuh yang  terus menurun.

Menurut laporan yang dikeluarkan organisasi kesehatan dunia (WHO), angka kematian paling banyak akibat COVID-19 adalah lansia di atas umur 80 tahun. Jumlahnya mencapai lebih dari 22 persen dari total kematian yang terjadi.

Lansia juga merasa kehilangan kehidupan normal akibat perubahan yang mendadak. Mereka tidak bisa lagi sekadar bertatap muka dengan teman-teman, yang mungkin selama ini menjadi hiburan mengisi waktu dan motivasi. Terbatasnya aktivitas akibat karantina mandiri juga berpotensi membuat para lansia merasakan gangguan kesehatan mental, seperti kesepian.

Tips Merawat Lansia Ditengah Pandemi Covid-19

  1. Semua kebutuhannya terpenuhi

Tips pertama yang harus dilakukan adalah memberikan semua kebutuhan orang-orang yang masuk dalam kelompok rentan Covid-19 terpenuhi. Tidak hanya anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah, namun juga para tetangga yang mungkin juga dalam keadaan yang sama. Belanjakan barang kebutuhannya, berikan resep makanan yang bisa mereka coba, atau membantu menjalankan tugas-tugasnya.

  1. Jaga kesehatan diri

Sebagai orang yang merawat atau kontak langsung dengan lansia, kamu sendiri harus lebih berhati-hati dalam melindungi diri dari virus Corona. Hal ini untuk mengurangi risiko kamu menularkan virus Corona ke lansia yang kamu rawat.

  1. Minimalkan risiko lansia terpapar virus Corona

Pastikan kamu selalu mencuci tanganmu sebelum dan setelah membantu lansia beraktivitas. Bila kamu masih beraktivitas di luar rumah, ganti semua bajumu sebelum menemui atau merawat lansia. Bila perlu, gunakan masker kain selama berada di dekat lansia.

  1. Batasi bepergian ke luar rumah

Selama masa pandemi COVID-19 seperti saat ini, semua orang dianjurkan untuk tetap berada di rumah kecuali untuk membeli bahan makanan atau ada keperluan mendesak, misalnya mencari pertolongan medis yang darurat.

  1. Dorong gunakan metode komunikasi digital

Di tengah imbauan untuk mengurangi interaksi secara langsung dengan orang-orang, komunikasi secara digital masih sangat mungkin dijalankan di tengah pandemi ini.

  1. Berikan makanan dan produk kebersihan

Selanjutnya, Anda juga bisa memberikan bantuan atau donasi dalam berbagai bentuk barang, seperti makanan, alat atau produk kebersihan, vitamin, dan sebagainya.

Semua bantuan yang diberikan kepada para lansia dan orang-orang dengan penyakit bawaan dapat membuat mereka tetap berada di dalam rumah dan tidak terbebani untuk mencarinya di tempat lain, atau bekerja ke luar rumah demi mendapatkan barang-barang tersebut.

Untuk itu, agar tetap sehat dan bahagia, Lansia dapat melakukan beberapa hal berikut. Usahakan selalu tenang dan berpikir positif. Tak perlu risau dengan data harian COVID-19. Batasi menonton tayangan tentang hal yang menyedihkan, pilihlah tayangan yang positif tentang berita kesembuhan yang membangkitkan semangat.

Saat ini Mhomecare memiliki layanan yang dapat memudahkan lansia. Mhomecare memberikan layanan kesehatan terpercaya dan penuh kasih,  karena memiliki tenaga Kesehatan terbaik, berlisensi dan juga professional.

Mhomecare merupakan layanan homecare berbasis aplikasi digital yang memudahkan Anda terhubung dengan Tenaga Kesehatan. Dapatkan pelayanan pendampingan lansia di rumah dengan menggunakan aplikasi Mhomecare.

Pesan Perawat & Bidan Online

Dapatkan layanan kesehatan oleh perawat, midwife, caregiver yang profesional, berlisensi dan berpengalaman dengan jiwa pelayanan terbaik serta selalu sedia merawat orang terkasih Anda layaknya keluarga sendiri.

Bagikan Artikel ke :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *